Rayakan Hari Pasta Dunia, Chef Ini Berikan Cara Mudah Masak Pasta

Sonia Permata Basoni - detikFood Kamis, 26 Okt 2017 08:06 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Kemarin masyarakat dunia rayakan Hari Pasta Dunia. Ternyata ada banyak resep pasta praktis yang gampang dibuat dan enak.

Hidangan berbahan dasar dari olahan gandum dari Italia ini, paling digemari di dunia. Teksturnya kenyal dipadukan dengan racikan bumbu khas Italia yang kaya rempah. Kandungan nutrisinya juga tidak perlu lagi diragukan.

Bertepatan dengan World Pasta Day, atau Hari Pasta Dunia yang diperingati kemarin (25/10), San Remo salah satu produsen ahli pasta Italia sejak tahun 1963, berkolaborasi dengan Hard Rock Cafe Jakarta. Acara demo masak digelar bersama chef Hard Rock Cafe Jakarta.

Bertempat di Hard Rock Cafe Jakarta, Pacific Place, (25/17), Chef Made membuat tiga sajian pasta yang mudah dan praktis untuk disajikan di rumah. Spaghetti Aglio Olio with Chicken, Baked Penne Pasta with Chicken Sausage, dan yang terakhir ada Fettucine Marinara.

Ketiga hidangan pasta ini memliki saus berbeda. "Tidak semua saus cocok dengan jenis pasta yang digunakan. Pada dasarnya pasta bentuk tertentu hanya cocok dengan beberapa jenis saus saja. Saus juga menentukan rasa pasta itu sendiri. Contohnya Aglio Olio terkenal dengan pasta yang memiliki rasa gurih dan pedas." tutur Chef Made.

Baca Juga : Ingin Merebus Pasta Al Dente dan Enak Ikuti Tips Jitu Ini

Rayakan Hari Pasta Dunia, Chef Ini Berikan Cara Mudah Masak PastaFoto: detikfood

Pembuatan Aglio Olio terbilang cukup mudah, setelah pasta direbus al dente dalam air yang diberi sedikit garam. Kemudian diaduk dengan tumisan irisan bawang putih, irisan cabai, daun peterseli dan potongan ayam.

"Untuk penggunaan bahan seperti daging ayam, itu bisa diubah sesuai selera, bisa diganti dengan daging sapi, udang, dan lainnya. Pastikan juga jika menumis bumbu atau saus, masukkan bawang bombay lebih dulu baru bawang putih agar rasa lebih kuat," lanjut Chef Made memberikan tipsnya.

Rayakan Hari Pasta Dunia, Chef Ini Berikan Cara Mudah Masak PastaFoto: detikfood

Jenny, Brand Manager San Remo Indonesia, turut menjelaskan tentang jenis gandum durum wheat yang merupakan jenis gandum untuk pasta berkualitas.

"Durum wheat selain membuat pasta menjadi lebih kenyal dan warnanya lebih keemasan, dikemas dengan karbohidrat kompleks, yang berguna membantu mengontrol indeks glikemiks dalam tubuh." tuturnya.

Semua produk pasta San Remo hanya menggunakan durum wheat untuk menghasilkan produk terbaik. "Semoga produk San Remo dapat turut memeriahkan Hari Pasta Dunia dengan menyajikan menu-menu pilihan pasta yang praktis dan mudah untuk dibuat," pungkas Jenny. (odi/odi)