Mencicip Steak Wagyu 8+ Hingga Angus Tomahawk yang Juicy di Seasonal Tastes

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 17 Okt 2017 19:57 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Manjakan lidah dengan sajian daging sapi berkualitas. Ada steak yang juicy dengan paduan aneka saus yang gurih enak racikan sang chef. Yuk, coba!

Bulan Oktober ini Seasonal Tastes The Westin Jakarta bekerjasama dengan Meat and Livestock Australia dan Classic Fine Foods menyajikan sajian enak dari Stockyard. Stockyard merupakan produsen daging sapi premium Australia yang dipasok secara global untuk restoran, hotel dan beberapa supermarket di Australia dan 15 negara di seluruh dunia seperti Korea, Jepang, China, Timur Tengah hingga Indonesia.

Baca juga: Ini 5 Tempat di Kawasan Jakarta Selatan yang Punya Steak Enak

Scott Phelan sedang menjelaskan tentang daging sapi Australia.Scott Phelan sedang menjelaskan tentang daging sapi Australia. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood


Sapinya diberi pakan gandum dengan lingkungan yang terkontrol sehingga bisa menghasilkan kualitas daging yang konsisten setiap tahun. "Sapi yang diberi pakan gandum memiliki sebaran marbling yang merata sehingga akan berpengaruh pada tekstur dan rasanya," jelas Scott Phelan, Marketing and Logistics Executive dalam Press Conference Stockyard di Seasonal Tastes, The Westin Jakarta (16/10).

Scott juga menambahkan, sapi yang diproduksi diberi pakan yang diformulasikan secara khusus oleh ahli gizi hewan. "Pakannya mengandung butiran gandum yang sudah diolah, silage, jerami, minyak sayur dan molasses," ungkapnya.

Mencicip Steak Wagyu 8+ Hingga Angus Tomahawk yang Juicy di Seasonal TastesDaging sapi Stockyard yang dikemas dalam vakum. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood


Daniel Kuser, Executive Chef dari The Westin Jakarta mengatakan, perbedaan wagyu dan angus ini terletak pada sebaran marblingnya. Angus beef lebih sedikit marblingnya dan wagyu lebih banyak. "Grain Fed Angus 200 hari yang digunakan bagian rump (bagian belakang). Rump salah satu bagian yang terbaik," kata Daniel.


Di tanggal 16 hingga 31 Oktober 2017, Anda bisa memesan tiga menu spesial dengan paduan daging sapi premium dari Stockyard. Ada Stockyard Wagyu 8+ Ribeye Steak 250 gram dengan harga Rp 980 ribu++, Stockyard 200 days Grain Fed Angus Tomahawk dengan berat 1,8 hingga 2 kg dengan harga Rp 1,8 juta ++ dan Stockyard Wagyu 7+ Tbone Steak seberat 1,2 kg dengan harga Rp 1,8 juta ++.

Mencicip Steak Wagyu 8+ Hingga Angus Tomahawk yang Juicy di Seasonal TastesDaging sapi Australia yang memiliki tekstur juicy dan enak dipadu dengan saus pilihan. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Ketiganya bisa Anda lengkapi dengan pilihan kentang goreng, potato wedges, mashed potato atau roasted garlic. Dan sausnya tersedia mushroom sauce, peppercorn sauce, sauce bernaise, chimichurri sauce dan beurre cafe de Paris.

Chef Daniel juga mengatakan sebelum di olah menjadi steak, daging terlebih dahulu divacum dan dilakukan proses pelayuan yang disebut dengan aging. Wet aging atau pelayuan basah dalam kantung vakum dilakukan sekitar 2-3 minggu setelah penyembelihan. "Enzim yang terperangkap di dalamnya bisa membuat daging menjadi rileksasi. Setelah melewati masa rigor mortis, enzim secara perlahan akan makan semua kolagen sehingga setelah 2 minggu daging terasa empuk dan lebih juicy," pungkas chef ramah ini.

Baca juga: Malam Ini Bar dan Restoran Tertinggi di Jakarta Resmi Dibuka (lus/odi)
Load Komentar ...