Bulan Depan, Ikon Kuliner Lokal dan Internasional Akan Hadir di Ubud Food Festival

Maya Safira - detikFood Selasa, 18 Apr 2017 11:00 WIB
Foto: Ubud Food Festival Foto: Ubud Food Festival
Jakarta - Ubud Food Festival (UFF) akan hadir untuk ketiga kalinya pada 12-14 Mei 2017. Kegiatan ini akan diisi dengan workshop, demo masak hingga diskusi bersama para chef.

Pertama terselenggara tahun 2015, UFF kembali mengajak pencinta kuliner berkumpul di Ubud, Bali. "Ubud sebagai tempat yang istimewa untuk mengenalkan makanan atau gastronomi Indonesia ke dunia," ungkap Janet DeNeefe selaku Founder & Director UFF dalam kegiatan Bringing Ubud to Jakarta di Plataran Menteng.

Tema yang diangkat tahun ini yaitu 'Every Flavor is a Story' atau 'Ada Cerita di Setiap Rasa'. Tema tersebut dipilih untuk merayakan warisan kuliner Indonesia. Karena setiap bahan masakan, resep, dan tradisi kuliner menyimpan cerita mengenai keragaman sejarah, geografi maupun budaya nusantara.

Bulan Depan, Ikon Kuliner Lokal dan Internasional Akan Hadir di Ubud Food FestivalFoto: Ubud Food Festival
Seperti tahun-tahun sebelumnya, UFF tak lengkap tanpa kehadiran ikon kuliner Indonesia dan negara lainnya. Mereka akan berbagi cerita maupun menunjukkan kemampuannya kepada para pengunjung.

Dari Indonesia antara lain ada Farah Quinn, Chef Marinka, Bara Pattiradjawane, Sisca Soewitomo, dan Bondan Winarno. Tidak ketinggalan juga Chef Ragil Imam Wibowo dari Nusa Gastronomy, Will Meyrick dari MamaSan dan Chris Salans dari Mozaic Ubud. Beberapa sesi Masterclass untuk menggali ilmu kuliner juga akan diisi ahli tempe Profesor Winarno, Petty Elliot, Sophie Navita, dan Arie Parikesit.

Sementara dari ranah internasional ada ahli kuliner yang mendapat penghargaan Asia's 50 Best Restaurants Award. Antara lain Dylan Jones dan Bo Songvisava dari Bo.lan Bangkok, Eelke Plasmeijer dan Ray Adriansyah dari Locavore Ubud, Chele Gonzales dari Gallery VASK Manila dan Yannis J. Janssens dari L'Atelier de Joel Robuchon Bangkok. Mereka akan menyajikan makanan yang bisa dinikmati di Special Event.

Bulan Depan, Ikon Kuliner Lokal dan Internasional Akan Hadir di Ubud Food FestivalFoto: Ubud Food Festival
"Dengan banyak pembicara datang dari penjuru Indonesia dan negara lainnya, semakin jelas bahwa festival ini telah jadi perayaan kuliner yang terbesar di negara ini," ujar Janet, wanita asal Australia yang sudah tinggal di Bali selama 30 tahun.

Tentunya berbagai kegiatan bisa dilakukan pengunjung selama 3 hari UFF berlangsung. Banyak program yang ditawarkan seperti sesi diskusi, demo masak, workshop, special event, pasar makanan, pertunjukkan musik, pemutaran film dan masih banyak lagi.

Sedikit gambaran mengenai Ubud Food Festival sempat dibawa ke Jakarta melalui sesi diskusi "Think, Talk, Taste: Bringing Indonesian Cuisines to the World" pada Kamis (13/4). Turut hadir melibatkan Farah Quinn, Petty Elliott, Ragil Imam Wibowo dan Janet DeNeefe.

Bulan Depan, Ikon Kuliner Lokal dan Internasional Akan Hadir di Ubud Food FestivalFoto: Ubud Food Festival
Dalam diskusi ini para pembicara menyepakati bahwa keragaman menjadi kekuatan utama kuliner Indonesia yang membuatnya unik. Masyarakat internasional juga dianggap sudah siap menerima jenis masakan bercitarasa kompleks dengan paduan aneka bumbu seperti masakan Indonesia. (ani/odi)
Load Komentar ...