Indonesia Coffee Events 2017, Ajang Cari Barista Terbaik Indonesia Untuk Kejuaraan Dunia

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 09 Nov 2016 13:33 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Jenis kopi Indonesia sudah mulai populer. Kini para barista ditantang untuk unjuk kebolehannya dan ikuti kejuaraan kopi kelas dunia.

Barista merupakan ujung tombak dari terciptanya kopi yang enak, sehingga diperlukan keterampilan dan ilmu yang baik dalam meracik biji kopi. Barista Guild of Indonesia (BGI) dipercaya oleh Speciality Coffee Association of Indonesia (SCAI) untuk mengorganisir acara Indonesia Coffee Event 2017.

Barista Guild of Indonesia (BGI) merupakan organisasi profesi barista se-Indonesia yang sudah memiliki sekitar 460 member. "Profesi barista bukan se-simple meracik biji kopi, tapi bagaimana barista tersebut dapat men-showcase kopi dengan kemasan cerita asal serta sejarah kopi yang bisa menjadi value lebih," jelas Muhammad Aga dalam konferensi pers pada (08/11).

Irvan Helmi, selaku Pengawas Barista Guild of Indonesia juga menambahkan bahwa kopi yang enak tergantung dari kemampuan sang barista. Barista harus memiliki disiplin ilmu untuk menginfused ekstrak kopi."

Foto: detikFood

Dengan mengusung tema "Best for The World", nantinya misi dari acara ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan tingkatkan peringkat barista Indonesia di tingkat dunia.

"Sebenarnya acara kopi seperti ini sudah dilaksanakan pada tahun 2009 dan ini sudah keenam kalinya. Akan tetapi tahun ini untuk pertama kalinya Barista Guild Indonesia mengorganisir event ini. Tahun ini, kami menargetkan agar barista Indonesia dapat menembus 10 besar pada berbagai kompetisi dunia," tutur Cindy Herlin Marta, Ketua Pelaksana ICE 2017.

Ada 4 jenis kompetisi yang nantinya akan dipertandingkan yaitu Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Brewers Championship (IBrC), Indonesia Latte Art Championship (ILAC) dan Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC).

Indonesia Coffee Events (ICE) 2017 akan dibagi dalam 2 regional yaitu Eastern Championship yang meliputi Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Sulawesi dan Papua. Untuk Western Championship yaitu Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera dan Kalimantan.

Foto: detikFood

Penyisihan pertama untuk regional Eastern akan dilaksanakan pada 2-4 Desember 2016 di hotel Sanur Paradise, Sanur, Bali dan penyisihan regional Western akan dilaksanakan pada bulan Januari 2017 di Jakarta.

Para pemenang ditingkat regional dapat langsung maju ke babak semifinal pada 5-8 April 2017 di Food and Hotel Indonesia (FHI), Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

Seluruh pemenang ICE 2017 nantinya akan diberangkatkan untuk bertanding ke ajang kejuaraan World Barista Championship (WBC) di Korea Selatan. Sementara itu World Brewers, Latte Art dan Cup Taster Championship akan diselenggarakan di Budapest, Hungaria.

ICE 2017 juga membuka peluang bagi para coffee enthusiast untuk menjadi juri. "Barista yang datang dari berbagai kota nantinya akan masuk dalam ajang dunia sehingga tantangannya bisa dua hingga sepuluh kali lipat. Sehingga penjurian harus dilakukan secara objektif," jelas Ve Handojo, Marketing ICE 2017

Ve juga menambahkan bahwa seluruh calon juri yang mendaftar wajib mengikuti workshop dan ujian sertifikasi sebelum kompetisi dilaksanakan. Untuk pendaftaran dan informasi yang lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses ice2017.baristaguildofindonesia.com. (ani/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com