Nongkrong dan Ngobrol Makin Asyik dengan Minuman Malt Berkarbonasi Tanpa Alkohol

Annisa Trimirasti - detikFood Selasa, 25 Okt 2016 14:30 WIB
Foto: detikFood
Jakarta -

Bir kini tak lagi identik dengan minuman beralkohol. Bir tanpa alkohol dengan rasa unik digemari anak muda perkotaan.

Sebagai pelopor produsen bir di Indonesia, PT Multi Bintang Indonesia atau lebih dikenal Bir Bintang selalu hadir dengan inovasi baru. Setelah dua bir nonalkohol beredar di pasaran, hari ini Bintang 0,0% MAXX diperkenalkan.

Sebelumnya telah hadir Bintang 0,0% Zero yang telah ada sejak 2005 lalu disusul Bintang 0,0% Radler yang ada sejak awal 2016.


Nongkrong dan Ngobrol Makin Asyik dengan Bir Tanpa AlkoholFoto: detikFood

Bintang 0,0% MAXX yang telah dijual umum sejak September ini tetap mengangkat rasa dan aroma malt yang lebih keras, pahit dan kuat dibanding Bintang 0,0 Zero yang agak manis. Terbuat dari sari malt dan hop dengan proses karbonasi.

Sedang Bintang 0,0% Radler punya rasa lemon ringan dari campuran jus lemon alami dan biasanya paling disukai kaum wanita.

"Rasa baru ini diperkenalkan sesuai dengan permintaan konsumen yang ingin minuman lebih 'laki' atau berani untuk diminum saat nongkrong. Bintang 0,0% MAXX memang ditujukan untuk pria dewasa." ujar Fahmi Rajendra Marketing Manager PT Multi Bintang Indonesia dalam temu media (25/10/16) di Jakarta.

Makin banyaknya variasi bir non-alkohol dari Bir Bintang ini untuk memenuhi permintaan konsumen yang seleranya mengikuti tren global.

Nongkrong dan Ngobrol Makin Asyik dengan Bir Tanpa AlkoholFoto: detikFood


Kandungan alkohol yang zero untuk semua varian bir non-alkohol Bir Bintang telah disetujui oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) RI. Namun, sertifikasi halalnya sedang akan diajukan.

Rencana peluncuran Bintang 0,0% Radler dan MAXX telah ada sejak 2 tahun lalu dan sebagai bukti keseriusannya, Bir Bintang membangun pabrik minuman berkarbonasi tanpa alkohol khusus di Mojokerto pada 2014. Pembuatannya bir ini tanpa melewati proses fermentasi.

Nongkrong dan Ngobrol Makin Asyik dengan Bir Tanpa AlkoholFoto: detikFood


Walau Bir Bintang identik dengan bir alkohol, Fahmi menegaskan Bir Bintang menganut identitas sebagai minuman untuk bersantai dan ngobrol. Adanya variasi non-alkohol tidak untuk atau mengadu dengan bir normal namun untuk melengkapinya.

Bir Bintang non-alkohol, baik Bintang 0,0% Zero, Bintang 0,0% Radler dan Bintang 0,0% MAXX dapat dibeli di berbagai toko dan supermarket di Indonesia seharga Rp 13.000 per kaleng.

(adr/odi)