Mencicip Mangut Ikan Manyung dan Makanan Favorit Keluarga Keraton di Pekan Raya Indonesia 2016

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 21 Okt 2016 15:10 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Pekan Raya Indonesia resmi dibuka. Beragam kuliner Nusantara hadir di sini. Mulai dari sajian khas Semarang yang pedas hingga makanan kesukaan para raja.

Bertempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Pekan Raya Indonesia sudah berlangsung sejak 20 Oktober hingga 6 November 2016.

"Pekan Raya Indonesia 2016 ini merupakan venue indoor dengan standar Internasional. Event ini juga menjadi wadah dan sebagai pendorong utama pelaku usaha baik UKM maupun industri. Ini diharapkan dapat menjadi penggerak ekonomi dan bisnis serta memperluas kesempatan dan lapangan kerja baru sehingga tercipta pertumbuhan ekonomi nasional," tutur Irwan Oetama, Ketua PRI 2016 dalam acara Pembukaan Pekan Raya Indonesia 2016 di ICE BSD (20/10).

Irwan menyebutkan bahwa beragam kuliner legendaris seperti Toko Oen Semarang, Es Kopi Tak Kie, Kupat Tahu Gempol, Rumah Dodol Betawi hingga Mangut Ikan Manyung Bu Fat jadi salah satu yang bisa Anda nikmati di acara ini.

"Dalam acara ini juga ada 10 hall yang digunakan untuk memamerkan produk untuk sub sektor ekonomi kreatif dari musik hingga kuliner," jelas Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Produk dan kuliner makanan bisa Anda temui di hall 1 dan 10. Selain Soto Ahri dan Kupat Tahu Gempol, ada booth yang menarik perhatian kami.

Mencicip Mangut Ikan Manyung dan Makanan Favorit Keluarga Keraton di Pekan Raya Indonesia 2016

Rumah Dodol Betawi Bang Rijal yang sudah berdiri sejak tahun 1970 ini menampilkan live show proses pembuatan dodol. Dengan tungku khusus, Bang Rijal mencampurkan ketan hitam atau ketan putih yang sudah dihaluskan dengan gula merah dan santan kelapa.

Anda bisa langsung mencoba dodol atau membelinya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Mulai dari dodol original, dodol durian, dodol ketan hitam, geplak hingga wajik ketan. Harganya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000.

Mencicip Mangut Ikan Manyung dan Makanan Favorit Keluarga Keraton di Pekan Raya Indonesia 2016

Kuliner Semarang yang jadi incaran banyak orang adalah Kepala Manyung Bu Fat. Ikan manyung adalah ikan laut yang biasa disebut juga dengan ikan jambal roti. "Ikan manyung yang sudah diasapi kurang lebih sehari diracik dengan bumbu santan yang pedas gurih," tutur Andriani, perwakilan dari Kepala Manyung Bu Fat kepada detikFood (20/10).

Mencicip Mangut Ikan Manyung dan Makanan Favorit Keluarga Keraton di Pekan Raya Indonesia 2016

Selain itu, Anda juga bisa menikmati aneka hidangan kuliner keraton Yogyakarta yang menyajikan hidangan favorit para raja seperti Gudeg Manggar, Nasi Brongkos Daging, Bestik Lidah, Bendul hingga Secang serta Bir Jawa.

Para pecinta kuliner juga bisa mencicip aneka sajian modern di Food Truck hingga mencoba beragam kopi Indonesia hingga camilan keripik sayur dan buah sehat.

Tiket masuknya seharga Rp25.000 untuk Senin sampai dengan Jumat, sedangkan Sabtu dan Minggu, tiket masuk dijual dengan harga Rp35.000. Yuk, mampir!

(lus/odi)