Warga Oxford Antre untuk Cicipi Sate dan Mie Bakso

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 12 Jul 2016 18:35 WIB
Foto: KBRI London Foto: KBRI London
Jakarta - Kuliner Indonesia dipamerkan di Cowley Road Carnival. Warga London juga antusias untuk mencicip sate hingga bakso yang dijajakan di sana.

Kuliner Indonesia dan stand "Wonderful Indonesia" menjadi salah satu tempat favorit pengunjung Cowley Road Carnival di Oxford Inggris. Tak kurang dari 45.000 orang datang memenuhi jalan arteri Cowley Road untuk menikmati beragam pertunjukan seni serta festival kuliner mancanegara pada Cowley Road Carnival setiap tahunnya.

Acara Cowley Road Carnival pada (10/07/2016) ini diselenggarakan oleh segenap masyarakat Oxford secara swadaya dan didukung penuh oleh Oxford City Council. Menjadi acara terbesar di musim panas dalam memeriahkan keanekaragaman bangsa dan budaya di kota Oxford.

Atas dukungan dari KBRI London, sejak tahun 2013 Komunitas Indonesia dan Perhimpunan Pelajar Indonesia Oxford (PPI Oxford) terus berpartisipasi pada Cowley Road Carnival.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, antusiasme pengunjung terhadap stan makanan serta budaya Indonesia kali ini melampaui harapan panitia. Saat acara berlangsung, terlihat antrian mengular panjang di depan berbagai stan makanan Indonesia.

Para pengunjung remaja dan anak-anak juga terlihat berebut untuk berfoto dengan busana daerah khas Indonesia. Selain itu, ada juga aktivitas menarik seperti menggambar wayang serta berpelukan dengan patung komodo.

Apresiasi warga Oxford terhadap kuliner Indonesia terlihat dari pihak panitia Cowley Road Carnival yang secara khusus terus mengundang masyarakat Indonesia agar dapat menyediakan makanan andalan. Sajian makanan yang ditampilkan terdiri dari sate, nasi rames, mie bakso, kue-kue hingga makanan nusantara lainnya.

Selain masyarakat lokal Inggris, makanan Indonesia secara khusus juga menarik minat sekitar 2.000 warga Timor Leste yang berdomisili di sekitar Oxford, Mereka bernostalgia setelah sekian lama sulit untuk menemukan makanan khas Indonesia di tempat lain. Warga Timor Leste tersebut pada umumnya adalah pemegang paspor Portugal yang bekerja di Inggris.

Melihat potensi menjanjikan dari Cowley Road Carnival sebagai ajang promosi Indonesia, Dubes Rizal Sukma dalam rilis yang diterima detikFood pada (12/07), mengharapkan mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Oxford untuk lebih meningkatkan kehadiran Indonesia dengan terus memanfaatkan event ini ke depannya.

Rizal juga berkomitmen untuk mendorong dukungan dan partisipasi langsung berbagai pihak di tanah air guna menjadikan partisipasi Indonesia di Cowley Road Carnival tahun depan lebih meriah dan berkesan. (lus/odi)