Inilah 5 Kasus Keracunan Makanan Terbesar di Amerika Serikat

Ellia Avrizella Quenda - detikFood Jumat, 03 Jun 2016 13:11 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Bisnis kuliner tak selamanya lancar. Musibah keracunan makanan yang besarpun pernah terjadi di Amerika.

Ketika Anda makan di sebuah restoran maka ada asumsi bahwa makanan tersebut diolah dan disajikan secara tepat dan dalam keadaan higienis. Beberapa restoran memang telah mematuhi standar aturan, namun beberapa ada yang tidak atau melanggar aturan yang ada.

Dilansir Foxnews (02/06), ada banyak variasi berbeda dari kasus keracunan makanan. Ada Listeria, salmonella, botulism, streptococcus, hepatitis A, dan E. coli.

Bila seorang konsumen mengalami keracunan makanan, maka biasanya restoran akan mengganti rugi dengan mengembalikan uang konsumen, meminta maaf, dan berharap mereka tidak mendapatkan tuntutan hukum. Jika keracunan makanan terjadi pada jaringan restoran besar atau produk makanan massal akibatnya lebih serius. Dari mual, pusing, sakit perut hingga kematian.

Berikut ini 5 kasus keracunan makanan terbesar di Amereka yang dicatat Centers for Disease Control sejak tahun 1970-an.

1. 2003: Hepatitis A



Wabah hepatitis A merupakan yang paling sering merebak dalam sejarah Amerika. Berawal ketika daun bawang yang tercemar di sebuah restoran Chi-Chi di Monaca, Pennsylvania.

Setidaknya terdapat 640 orang yang terkena dampak dan 4 orang meninggal. Wabah ini menjadi berita nasional dan reputasi Chi-Chi tidak pernah benar-benar pulih.

2. 1993: E. coli
Sebanyak 732 orang terkena dampak dari wabah keracunan makanan yang paling terkenal dalam sejarah. Peristiwa ini hampir memaksa Jack in the Box menghentikan bisnis.

Ada 73 lokasi di seluruh California, Idaho, Washington, dan Nevada mempromosikan "Monster Burger" yang dimasak tidak cukup matang, sehingga masih terdapat bakteri di dalamnya. Empat anak-anak meninggal dan 178 orang lainnya mengalami luka serius.

3. 2002: Listeria



Penarikan makanan terbesar di AS pada tahun 2002, ketika Pilgrim's Pride berisi 27.400.000 pound irisan chicken dan kalkun ditemukan tercemar listeria. Sebanyak 46 orang jatuh sakit, 7 meninggal, dan 3 wanita mengalami keguguran.

4. 2008: Salmonella
Selai kacang yang menyebabkan wabah salmonella terbesar dalam sejarah juga jadi berita penting dalam sejarah Amerika. Perusahaan Peanut Corporation of America, menyediakan produk kacang untuk lembaga seperti sekolah, penjara, dan panti jompo. Setidaknya 714 orang jatuh sakit di 26 negara bagian terkena keracunan salmonella dari pabrik pengolahan di Georgia dan 9 lainnya meninggal.

Dampak terhadap brand kacang tersebut tidak begitu besar. Namun semua penjualan selai kacang mengalami penurunan sebesar 25% setelah peristiwa tersebut terjadi. Tak lama, Peanut Corporation of America ditutup.

5. 1985: Salmonella



Susu dari Hillfarm Dairy di Melrose Park, Ill tercemar salmonella. Dampak keracunan makanan terjadi pada lebih dari 16.000 orang pada tahun 1985.

Sekitar 1.000 dari mereka berasal dari Illinois. Wabah salmonellosis terburuk dalam sejarah sampai saat itu karena mengakibatkan sedikitnya 9 orang meninggal. (msa/odi)