Laporan dari Tokyo

Menurut Hirotoshi Ogawa, Ini 10 Hal Penting Seputar Sushi yang Perlu Diketahui (2)

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 25 Nov 2015 15:05 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Hirotoshi, pakar sushi dan juri Global Sushi Challenge 2015 ini punya sejumlah catatan penting seputar sushi. Dalam acara final, Ogawa membagikan informasi dan pengalamannya.

Saat kompetisi di tiap 14 negara, para peserta diberi seminar soal sushi selama 2 (dua) hari. Ini bertujuan agar mereka punya pengetahuan dan kemampuan mengolah sushi dengan benar dan tepat.



‘Variasi sushi sekarang sudah berkembang pesat. Ada yang diberi keju, cabe hingga ikannya direndam dalam bir hitam. Semuanya baik dan enak. hanya saja perlu pengetahuan soal sushi yang asli. Ini agar tiap sushi chef dapat menyajikan sushi dengan benar’, demikian jelas Hirotoshi Ogawa yang juga pemilik restoran ‘Ogawa’ dan bekerja untuk JSA (All Japan Sushi Association). Inilah beberapa hal penting yang dicatatnya selama mengunjungi berbagai negara.

6. Dibakar



Di banyak negara mulai disukai potongan ikan untuk sushi yang dibakar dengan Blow Torch. Tujuannya agar ikan sedikit matang dan lemaknya meleleh sehingga rasa ikan lebih gurih. ‘Namun, harus berhati-hati dalam mengontrol panas agar ikan tak terlalu kering hingga rasanya jadi keras dan kurang gurih,’ demikian tutur Ogawa.

7. Alpukat



Belakangan banyak sushi diisi dengan alpukat selain kyuri (mentimun Jepang). tekstur alpukat lembut segar sedikit berbeda dengan kyuri yang renyah. Pertama kali diperkenalkan di California, Amerika. Karenanya sangat populer dalam jenis ‘fusion sushi’.

8. Daun bambu



Daun bambu sejak dulu dipakai sebagai alas, pembungkus dan hiasan sushi. Tak sekedar ditaruh, irisan daun bambu ini juga berfungsi sebagai antibakteri. Karenanya daun bambu wajib ada dalam sajian sushi.

9. Piring



Beragam jenis piring atau wadah dipakai untuk penyajian sushi. Dari kayu, keramik atau bambu. Tetapi yang terpenting adalah piring harus membuat sushi tampil lebih menarik dan menggiurkan untuk dicicipi. ‘Karenanya piring yang tepat bisa membuat sushi jadi lebih menarik,’ demikian tutur Ogawa.

10. Variasi bahan



‘Sushi yang baik rasanya harus umami’, tegas Ogawa. Namun, tak tertutup kemungkinan untuk membuat variasi sushi. Bahannya tak terbatas. ‘Saya pernah mencicipi sushi dengan keju atau ikan sushi yang direndam bir di daerah Afrika. Rasanya juga enak,’ jelasnya. Karena itu ia sangat menganjurkan sushi chef selalu kreatif.

(msa/odi)