Peringati Hari Kopi Internasional, Kedubes Amerika Ajak Masyarakat Nikmati Kopi

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 30 Sep 2015 12:59 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

​Kali ini Hari Kopi Internasional dirayakan secara khusus oleh Kedubes Amerika. Diskusi, presentasi tentang kopi dunia diberikan oleh sejumlah ahli kopi. Termasuk mencicipi kopi.​

Hari kopi merupakan kesempatan yang digunakan untuk mempromosikan dan merayakan kopi sebagai minuman di seluruh dunia. Pada tanggal 29 September 2015 menjadi hari ​kopi nasional Amerika atau ​ "U.S National Coffee Day".

Perayaan ini dilakukan untuk mempromosikan perdagangan kopi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan nasib petani kopi. Untuk mendukung perayaan "International Coffee Day" pada 1 Oktober 2015, selama sepekan, beberapa negara mengadakan berbagai rangkaian kegiatan menarik tentang kopi.

Pada Selasa (29/09/15) bertempat di @amerika, Kedutaan Besar Amerika di Indonesia mengadakan acara yang bertema "International Coffee Day: Expresso Yourself". Acara ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kopi dunia.

"Diskusi kopi ini tidak hanya menyinggung tentang produk tapi juga budaya minum kopi di beberapa negara. Kopi merupakan hal yang sangat dinamis dan cocok sebagai minuman berkumpul bersama teman," tutur Thom Wright, Atase Pertanian dari Kedutaan Besar Amerika Serikat Departemen Pertanian Amerika.



Selain mengadakan seminar tentang kopi, acara ini juga menghadirkan dua vendor kopi seperti Filosofi Kopi dan Lucaffe. Para pengunjung bisa bertanya atau sekedar mencicip kopi buatan barista handal.

"Selain Italia, kami juga bekerjasama dengan beberapa pengusaha kopi lokal di Indonesia. Karena Indonesia menjadi salah satu pemain kopi besar di Amerika. Kopi Toraja dan Bali menjadi salah satu favorit masyarakat Amerika,” tambah Thom Wright.

Lucaffe menyajikan berbagai jenis kopi robusta dan arabika dengan persentase yang berbeda-beda. Dengan menggunakan mesin press coffee, barista Firman membentuk coffee latte dengan bentuk bunga yang cantik. Menurutnya, saat membuat coffee latte yang diperhatikan adalah konsistensi dari crema dan juga foam-nya.



Sedangkan Filosofi Kopi menyediakan tiga jenis kopi yaitu Perfecto, Tiwus dan Lestari. Barista Ara dari PT. Taman Delta Indonesia meracik ketiga jenis kopi ini dengan menggunakan manual brewing dengan aero press. Perfecto memiliki citarasa yang strong dan cukup asam.

Jika tak sempat datang kemarin malam, Anda dapat meluangkan waktu pada hari Sabtu (03/10/15) pada pukul 13.00 hingga 20.00. Ada lima vendor yang akan menyajikan aneka jenis kopi lokal dan internasional seperti Warung Kopi Gayo, Zicaffe, Bear and Co, Filsofi Kopi dan Lucaffe. Anda bisa langsung datang dan mencicip semua jenis kopi secara gratis! Datang saja ke @america di Pacific Place lantai 3. 

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com