500 Penjaja Kaki Lima di New York Akan Dapat Gerobak Ramah Lingkungan Gratis

Maya Safira - detikFood Rabu, 13 Mei 2015 09:26 WIB
Foto: NY Daily News
Jakarta - Sebanyak 500 penjaja kaki lima di New York akan mendapatkan gerobak makanan baru yang ramah lingkungan. Mulai dari pedagang hot dogs hingga makanan halal. Kesepakatan gerobak gratis ini diumumkan pada Senin (11/05) oleh Move System dan Dewan Kota New York.

Gerobak berpenampilan futuristik menggunakan panel surya dan generator gas alam. Bukan lagi panggangan propana dan generator tradisional yang dipakai kebanyakan gerobak makanan.

“Orang-orang New York mengandalkan ini (vendor) untuk makanan yang cepat, terjangkau dan lezat. Namun vendor sering beroperasi menggunakan gerobak penghasil polusi di lingkungannya, membuat mereka sulit bernafas,” tutur CEO Move, James Meeks, seperti dilansir dari NY Daily News (11/05/2014).

Gerobak makanan juga akan dilengkapi sistem pembayaran mobile dari First Data. Sehingga mereka bisa menerima pembayaran credit card untuk pertama kalinya. Dengan pemakaian tablet, penjual juga bisa menawarkan kartu hadiah elektronik dan fasilitas lainnya.

Diperkirakan gerobak baru menghasilkan gas rumah kaca 60% lebih sedikit dan 95% pengurangan polusi penyebab asap dibanding gerobak tradisional.

Rencananya 100 gerobak akan diberikan pada veteran cacat. Gerobak tersedia bagi pendaftar yang lebih dahulu datang. Sewa tanpa biaya sendiri akan berlaku selama lima tahun. Menurut Meeks, sudah ada 150 orang yang berada dalam daftar tunggu.

“Ini menjadi kesempatan baik bagi vendor untuk mendapatkan gerobak makanan baru dan modern dengan semua alat yang mereka butuhkan dalam membangun dan menumbuhkan bisnisnya,” ucap juru bicara Dewan Kota, Melissa Mark-Viverito.

(lus/odi)