Kafe dengan Kucing-Kucing Menggemaskan dan Lucu Kini Hadir di Jakarta

Maya Safira - detikFood Selasa, 24 Mar 2015 09:36 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Kafe kucing sudah lama muncul di berbagai negara. Berawal dari Taiwan pada tahun 1998 kemudian dilanjutkan dengan Jepang tujuh tahun kemudian. Kesuksesan kafe kucing di Jepang membuat berbagai negara mengikuti jejaknya.

Negara di Eropa seperti Inggris dan Prancis mulai membuka kafe kucing. Amerika Serikat pun tak ketinggalan dengan tren ini.

Menjawab fenomena di berbagai negara, Jakarta ikut menghadirkan kafe kucing. Sejak Februari lalu ada dua kafe kucing buka di wilayah Kemang. Salah satunya adalah The Cat Cabin yang terletak di Jalan Kemang Raya.

Di The Cat Cabin, para pencinta kucing bisa bermain dengan 10 kucing-kucing lucu. Ada yang bernama Kimchi, Tomo, Kacang, Fluffy, Pitak, Cemong dan lainnya. Kucing berjenis persia, campuran siam dan persia, Korean short hair hingga kucing lokal. Nantinya The Cat Cabin akan menambah lagi kucing-kucingnya.

"Kucing di sini ada yang punya pemilik kafe, ada juga adopsi dari pet clinic. Perlu waktu sekitar dua minggu untuk kucing saling kenal dan adaptasi," tutur Tyas Nagatrihastuti selaku manajer The Cat Cabin, saat ditemui Detikfood di The Cat Cabin (19/03/2015).

Tyas bercerita ada kucing yang awalnya malu-malu memilih diam di daerah kandang. Namun lama kelamaan kucing itu berani bermain di dalam kafe karena mulai terbiasa.

Proses pengenalan antar kucing membuat mereka juga tidak bertengkar. Kucing-kucing ini justru punya tempat favorit sendiri di dalam kafe yang nyaman. Bisa terlihat ada kucing yang senang tidur di sofa dekat jendela karena hangat, namun ada pula yang memilih bersantai di kotak kecil berlapis bantal. Biasanya beberapa kucing tidur pukul 14.00 - 17.00.

Kucing pun jinak dan mau dipegang oleh pengunjung. Sebab The Cat Cabin sudah memilih kucing-kucing dengan kriteria yang sesuai untuk kafe. Akan tetapi Tyas mengingatkan bila kucing tidak mau digendong maka jangan dipaksa karena bisa membuat kucing stres.

Layaknya kafe kucing pada umumnya, The Cat Cabin juga punya serangkaian aturan. Diantaranya tidak menggunakan flash untuk foto, tidak mengganggu kucing saat tidur, tidak memberikan kucing makanan manusia, tidak menarik ekor kucing dan memberitahu karyawan kafe bila mau menggendong kucing. Pengunjung juga dilarang membawa kucing peliharaan ke The Cat Cabin. Dikhawatirkan kucing yang belum mengenal bisa ber​kelahi​.

Disamping bermain dengan kucing, kafe ini juga mempunyai beragam menu makanan untuk dipesan pengunjung. Seperti beef bowl, dessert hingga kopi. Semuanya dapat dibawa masuk ke dalam kafe.

Namun makanan tersebut tidak boleh diberi​kan​ kepada​ kucing. Menurut Tyas, makanan gurih bisa membuat bulu kucing rontok. Sedangkan makanan manis seperti kue tidak bisa dicerna kucing.

Anda juga tak perlu khawatir dengan kebersihan dan kesehatan kucing saat menyantap makan dalam kafe. Sebab tiap minggu dilakukan grooming. Ada dokter juga yang rutin datang memeriksa kucing.

Tertarik bermain dengan kucing-kucing lucu? Anda perlu membayar Rp 50.000 per jam (extra hour Rp 30.000). Sedangkan anak dibawah 10 tahun membayar Rp 35.000 (extra hour Rp 20.000).

Bagi pencinta kucing, tempat ini wajib untuk dikunjungi. Anda pun bisa lupa waktu saat melihat tingkah polah kucing-kucing menggemaskan!

The Cat Cabin
Jl. Kemang Raya No. 31, Lantai 2
Kemang
Jakarta Selatan
Telp:021-71795243
Jam Buka: 10.00 - 21.00
Instagram: thecatcabinjakarta

(tan/odi)