FNV, Gerakan Michelle Obama Hadapi Iklan Makanan Cepat Saji di Sekolah

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Minggu, 01 Mar 2015 12:29 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta -

Iklan junk food seringkali membuat kita menelan air liur. Tampilan makanan yang begitu menggoda ini rasanya mengajak kita untuk membeli tanpa memperhatikan dampak buruknya. Mungkin hal inilah yang membuat seorang Michelle Obama angkat bicara.

Ibu Negara sekaligus ibu dari Sasha dan Malia ini memang fokus untuk menyuarakan kesehatan pada anak-anak. Setelah dirinya membuat kampanye yang bertajuk “Let's Move” yaitu gerakan pengurangan angka obesitas di Amerika Serikat. Sekarang, lulusan Harvard University ini kembali menggerakkan kampanye untuk melawan iklan makanan cepat saji untuk anak-anak.

"Jika perusahaan iklan ingin mencari keuntungan pada anak-anak dengan sengaja membuat iklan junk food yang menarik, kenapa tidak kita lawan dengan iklan makanan sehat?,” demikian alasannya.

Pernyataannya ini ia sampaikan pada  Partnership for a Healthier America Summit. Lewat organisasi Partnership for Healthier America, Ia pun membentuk kampanye FNV, dari kata 'fruits and vegetables', untuk anak-anak dan remaja.

Kampanye ini tidak ia jalankan sendirian. Ia meminta bantuan dari pihak selebriti seperti Kristen Bell dan Jessica Alba, atlet basket Stephen Curry, atlet baseball Cam Newton, dan masih banyak lagi.

Lewat kampanye ini, Michelle Obama dan berbagai pihak lainnya hendak memasang bermacam iklan makanan sehat di sekolah dan sekitarnya. Lewat gerakan ini, ia berharap agar anak-anak terstimulasi untuk memulai makan makanan sehat. Ia pun ingin menyingkirkan segala iklan makanan cepat saji dalam bentuk apapun dan soda.

Selain itu, Michelle Obama juga sedang berusaha untuk membuat peraturan-peraturan baru untuk sekolah-sekolah dalam menempatkan sebuah iklan. Tentu saja, kampanye ini juga melibatkan pihak sekolah dan orang tua agar berpartisipasi secara personal bersama anak-anak.

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com