15 Pencinta Kuliner di Jakarta Bertemu di 'Zomato Foodie Meetup'

- detikFood Minggu, 26 Okt 2014 11:57 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Sejak November tahun lalu, Zomato hadir di Indonesia. Meski belum genap setahun, situs online panduan restoran-restoran Jakarta dan Bali ini sudah memiliki banyak pencinta kuliner yang bergabung​. Untuk itu, Zomato mengadakan Zomato Foodie Meetup sebagai kegiatan rutin.

Bertempat di Sulawesi@Kemang, Zomato Foodie Meetup ke-6 berlangsung pada Sabtu (25/10). Sekitar 15 orang foodie (penyuka kuliner) hadir dalam acara ​yang sudah mulai ​diadakan sejak bulan Juli. Kegiatan Foodie Meetup diawali dengan penjelasan restoran dan menunya oleh pemilik Sulawesi@Kemang, Dave Darmawan.

Kemudian ​mereka​ diajak berkeliling mulai dari dapur, tempat pembakaran seafood, penyimpanan ikan hingga lantai 2 restoran. B​erbagai sajian makanan laut dihidangkan untuk dicicipi​. Seperti Sukkang Bakar Rica, Cumi Telor Bakar, Sop Palubasa, Coto Makassar, Buras, Mie Goreng Sulawesi, Kudu Kudu Asam Manis, Baby Lobster Lada Hitam, hingga Kepiting Chilli Singapura.

Menurut Shabrina Koeswologito, community manager Zomato, Foodie Meetup dibuat karena banyaknya foodie di Zomato, termasuk para reviewer dan food blogger. Mereka banyak berkontribusi dengan mengunggah foto, menulis review dan saling interaksi dengan sesama foodie. Karena itu​ Zomato ingin menggabungkan semuanya jadi satu dalam komunitas foodie lebih besar.

“Zomato Foodie Meetup ini ​rutin dua kali dalam sebulan. Karena orang yang suka kuliner kalau interaksi melalui online saja jadi kurang dekat. Jadi dengan Foodie Meetup mereka bisa bertemu langsung dan saling mengenal,” tutur Shabrina yang ditemui saat Foodie Meetup (25/10/2014).

Shabrina juga menyebutkan bahwa Foodie Meetup merupakan sebuah acara privat​ untuk silaturahmi. Jadi setiap pertemuan, Zomato hanya mengundang 15 orang terpilih. Ini agar suasana lebih akrab dan tidak canggung. Meski begitu, diakui antusiasme peminatnya cukup banyak​.

Sebelum acara​ Foodie Meetup,Zomato mengirimkan email secara personal kepada mereka​ yang diundang. Pemilihannya ​sendiri dilihat dari reviewer yang sudah beberapa kali menulis di Zomato, food blogger atau foodie lainnya. Zomato juga bekerjasama dengan situs Indonesian Food Blogger untuk mengumumkan event ini.

Sehingga dalam tiap Foodie Meetup, orang yang diundang akan berbeda-beda.Anggie, salah satu foodie yang hadir dalam event kali ini, mengatakan bahwa kegiatan Zomato Foodie Meetup menambah pengalaman baru baginya.

“Kegiatannya seru karena bisa coba menu terbaik atau favorit di restoran, mengedukasi tentang makanan yang dimakan karena bisa liat langsung dapurnya, dan bisa berbagi info tentang tempat makan dengan foodie lain,” ucap Anggie.

Selama 3 bulan berjalan. Zomato Foodie Meetup sudah berlangsung di Crematology, Brentwood Grill, Otosan, Mamma Rosy dan Yo’Panino bekerjasama dengan film ​'​Tabula Rasa'. Pilihan restoran disesuaikan dengan tema yang diangkat seperti Italia, Indonesia dan lainnya.

(dni/odi)