Ulasan Khusus: Pizza

Mana yang Benar, Makan Pizza Pakai Tangan atau Garpu dan Pisau?

- detikFood Selasa, 11 Jun 2013 08:17 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pizza paling enak dimakan hangat. Ada yang suka makan pizza pakai tangan karena lebih nikmat. Ada juga yang lebih senang pakai garpu dan pisau karena dianggap lebih sopan dan bersih. Sebenarnya, mana cara makan yang paling benar?

Ada perdebatan soal cara benar mengonsumsi pizza. Ada yang berpendapat jika pizza lebih sopan sekaligus rapi jika dimakan menggunakan pisau dan garpu. Namun ada juga yang senang memakannya langsung dengan tangan. Di Italia, pizza dianggap sebagai social food. Seperti halnya mengonsumsi kopi, pizza sering jadi sajian andalan saat sedang berkumpul bersama teman ataupun keluarga.

Karena sering dinikmati saat santai dan suasananya nyaman, rupanya orang Italia sering menikmati pizza dengan cara memakannya langsung dengan tangan. Situs Etiquette Scholarpun berpendapat bahwa pizza yang disajikan sebagai appetizer atau pembuka bisa dinikmati langsung dengan tangan.

Potongan segitiga pizza dimakan dengan cara melipatnya di bagian tengah. Pizzanya diarahkan ke depan mulut, kemudian dimakan mulai dari bagian sudut terkecilnya. Cara ini diyakini menjadikan pizza lebih enak dimakan. Apalagi saat adonan yang garing dikunyah bersama saus dasar tomat, plus aneka topping dan keju leleh.

Lalu bagaimana dengan memakannya pakai pisau dan garpu? Cara inipun dibenarkan, apalagi jika pizza disajikan dalam suasana formal, misalnya saat pertemuan bisnis. Menikmati pizza dengan sendok garpu juga dianggap lebih sopan karena tidak meninggalkan sisa minyak di tangan.

Jika menikmatinya dengan garpu dan pisau, irislah pizza terlebih dahulu hingga ukurannya pas untuk sekali suap. Cara ini lebih bersih dan sopan, meskipun sering dianggap membuat kelezatan pizza jadi berkurang.

Kesimpulannya, menurut Francis Cole Jones, body language expert sekaligus business etiquette expert asal New York, makan dengan tangan ataupun dengan garpu dan pisau, semuanya disesuaikan dengan lokasi dan dengan siapa Anda makan. Apakah santai, atau resmi. Nah, bagaimana dengan Anda, lebih senang makan dengan tangan atau justru pakai garpu dan pisau?

(flo/odi)