75 Cita Rasa Tropis Dari Dapur Asia

- detikFood
Kamis, 14 Jan 2010 15:01 WIB
Jakarta - Mau bikin Hainan Chicken Rice? Nasi Briyani atau mi kuah yang enak? Di sini Anda bakal dituntun langkah per langkah. Komplet dengan info bahan dan puluhan resep khas Asia lainnya. Dijamin Anda bakal bisa bikin di dapur sendiri dengan cita rasa lezat. Mau coba?

Negara-negara Asia Selatan dan Tenggara yang cenderung beriklim tropis seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Sri Langka dan Thailand memang terkenal kaya akan rempah dan bumbu yang penting bagi masakan. Meskipun letak negara-negara tersebut berdekatan namun hidangan mereka tetap memiliki ciri khas tersendiri.

Adapun Nobuyuki Matsuhisa, chef yang satu ini telah memiliki segudang pengalaman khususnya masakan Asia. Chef Nobu sendiri telah malang-melintang di berbagai cabang Hotel Four Seasons di penjuru Asia. Lewat bukunya yang berjudul 'A Touch of Tropicl Spice': From Chili Crab to Laksa' ia mencoba menghadirkan 75 resep Moonson Asia dari Four Seasons Hotels and Resorts.

Sang pengarang ingin mencoba memperkenalkan pesona hidangan tropis Asia ke seluruh dunia. Di beberapa lembar awal mengupas perihal apa saja yang mempengaruhi masakan tropis Asia Tenggara. Menurutnya sebagian besar kuliner Asia Tenggara seperti Thai, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia banyak dipengaruhi oleh Cina. Hal tersebut dikarenakan banyaknya bahan-bahan yang digunakan dalam masakan Cina tak sulit di dapat di negara Asia tropis.

Sebelum melangkah lebih jauh, di awal bab pengarang juga memaparkan secara singkat jenis rempah dan bahan-bahan yang sering digunakan dalam masakan tropis. Sebut saja jinten, daun kari, adas, lengkuas, dan ketumbar. Tak hanya itu ada pula bahan-bahan pelengkap masakan yang sering dipakai seperti santan, kerupuk, fish sauce, star anis, terasi, nori, gula merah, aneka jenis mie, dll.

Beberapa makanan negeri tropis seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam selalu identik dengan pemakaian sambal dan saus. Nah, buat yang belum mengenal jenis-jenis sambal dan saus yang sering dipakai dalam masakan Asia, bab yang satu ini tentunya tak boleh dilewatkan. Mulai dari Sambal Belachan, Lemongrass Sambal, Wasabi Mayonnaise, Fish Sauce dibahas komplet disini.

Lalu aneka hidangan appetizer khas Asia menjadi bab pembuka di buku setebal 144 halaman ini. Ada Crab Cake yang terbuat dari bahan seafood, Samosa yang merupakan snack populer dari India, dan Fresh Summer Rolls yaitu lumpia yang berbalut kulit tipis dari tepung beras. Kesemua hidangan pembuka tersebut simpel dan mudah dibuat sehingga hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Chicken Noodle Soup adalah salah satu makanan yang sangat terkenal di Asia. Makanan yang disajikan mulai dari di restoran hingga pinggir jalan ini menjadi pembuka untuk sub judul 'Soups and Salad'. Hidangan berkuah lainnya seperti laksa juga disajikan dalam dua versi yaitu Singapore Seafood Laksa dan Sumatran Chicken Laksa. Disini pembaca bisa membandingkan kedua versi dari laksa tersebut.

Siapa yang tak kenal Hainanese Chicken Rice, Biryani Rice, dan Hokkien Noodles? Kesemua hidangan populer ini pastinya sering kita temui di restoran-restoran besar. Nah, agar bisa membuatnya sendiri di rumah tak hanya cara-cara memasak dan tahap-tahap pembuatannya saja yang diberikan oleh si pengarang. Beberapa catatan kecil dari Chef Nobu pun ikut disispkan, seperti penggunaan kuali atau wok khusus untuk mie ternyata merupakan poin penting yang turut mempengaruhi rasa masakan.

Dibandingkan daging, hidangan seafood memang lebih populer di kawasan Asia. Salah satu yang sangat terkenal adalah Singapore Chili Crab yang berbahan dasar kepiting. Kemudian ada pula Steam Snapper with Lemongrass alias ikan ikan kakap yang di steam dengan lemongrass sauce atau Heavenly Fish and Pineapple Curry yang gurih bersantan. Kesemuanya ditampilkan dalam bab berjudul 'Seafood Dishes' yang terdapat di halaman 94.

Berbagai sayuran segar juga menjadi pesona sendiri bagi negara Asia. Crispy Stuffed Toffu with Sweet Chili Sauce yang berbahan dasar tahu, Tempura Tofu Salad, dan Balinese Mixed Vegetables yang biasa menjadi pelengkap Nasi Campur. Kesemua hidangan tersebut kebanyakan memakai bahan-bahan sayuran, tempe, dan tahu. Tak ketinggalan foto-foto makanan yang cantik jepretan Masano Kawana ikut menghiasi buku hard copy ini.

Negara tropis sangat kaya akan buah-buahan. Di bab terakhir ini Anda bisa membeda aneka resep dessert bergaya tropis yang memakai buah-buahan. Salah satunya Tropical Cinnamon Fruitcake yang ada di halaman 134. Dessert yang satu ini merupakan campuran dari tepung, cinnamon, gandum dan aneka buah kering seperti mangga kering yang dicincang dan kurma. Selain itu ada pula Coconut Cream Custard , sejenis puding yang disuguhkan dalam versi modern dari classic baked custard.

Nah, buat Anda pencinta hidangan Asia khususnya masakan tropis Asia Tenggara buku ini bisa menjadi panduan yang tepat. Kelengkapan penjelasan bahan-bahan serta bumbu membuatnya tak sulit dibuat sendiri di rumah. Selamat mencoba!

A Touch of Tropicl Spice: From Chili Crab to Laksa
Published by Tuttle Publishing
Rp 250.000,00
Tersedia di semua toko buku Periplus




(dev/Odi)