ADVERTISEMENT

Cara Praktis Masak Opor Ayam Lebaran yang Gurih Enak Kuahnya

Odilia WS - detikFood
Minggu, 01 Mei 2022 09:00 WIB
Resep opor ayam lebaran
Foto: detikcom
Jakarta -

Mau bikin opor ayam untuk ketupat lebaran? Kalau tak mau ribet, kamu bisa memakai cara praktis ini. Hasilnya opor ayam tetap gurih enak.

Umumnya membuat opor ayam memakai bumbu segar yang diulek sendiri atau dihaluskan dengan grinder. Tetapi jika kamu tak punya banyak waktu, kamu bisa memanfaatkan beragam bumbu siap pakai.

Jika dimasak dengan cara benar, opor ayam yang memakai bumbu siap pakai tetapi gurih enak rasanya. Sebaiknya perhatikan beberapa hal ini, agar opor ayam lebih praktis dibuat dengan rasa yang lezat.

1. Beli ayam potong yang segar

Bahan utama opor ayam adalah ayam potong. Yang paling enak memakai ayam kampung muda yang gemuk. Berat minimal sekitar 900 gram. Atau ayam jantan yang besar dan segar.

Kalau tak mau repot, jangan membeli dalam keadaan hidup tetapi berupa karkas (badan ayam yang utuh dab bersih). Mudah dipotong-potong dan dibersihkan.

Jika tak mau memakai ayam utuh, bisa membeli dalam bentuk potongan saja. Seperti sayap, paha atas, paha bawah atau dada ayam. Karena potongannya sama, memasaknya lebih mudah. Karena akan matang atau empuk bersamaan.

Bumbu opor siap pakai.Bumbu opor siap pakai. Foto: Detikfood

2. Bumbu opor siap pakai

Kini di pasaran banyak pilihan bumbu opor yang dijual siap pakai. Jadi kamu tak perlu menghaluskan sendiri. Beli saja bumbu opor ayam di tukang bumbu. Dengan Rp 5.000 kamu mendapatkan racikan bumbu opor berikut daun salam, daun jeruk dan serai.

Hanya saja bumbu basah siap pakai ini kurang jelas kualitas bahan bumbunya. Pilihan lain yang lebih praktis adalah bumbu matang siap pakai. Berbentuk pasta kental yang sudah ditumis matang. Tinggal ditambahkan santan saja.

Khusus untuk bumbu siap pakai yang matang, sebaiknya tambahkan rempah segar seperti daun salam, daun jeruk dan serai. Agar aroma bumbu lebih harum dan sedap.

Lihat cara praktis membuat opor ayam lebaran di halaman berikut ini!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT