Ini Dia Yubari King, Melon Seharga Rp. 116 Juta dari Jepang

- detikFood Jumat, 07 Des 2012 15:02 WIB
Foto: hikerbee.com/dedealer.com Foto: hikerbee.com/dedealer.com
Jakarta - Melon yang satu ini sering masuk dalam jajaran buah ataupun makanan termahal. Tak seperti melon kebanyakan, melon asal Yubari Jepang ini harganya 500.000 Yen atau sekitar Rp. 58 juta. Hmm, apa ya istimewanya?

Jika Kobe beef punya predikat daging sapi termahal di Jepang, Yubari Kingpun disebut-sebut sebagai melon paling tinggi harganya di Jepang. Tiap tahun, harganya semakin meroket tajam dan laris dibeli. Yubari King dikembangkan di kawasan Yubari, Hokkaido. Menurut situs kotaku.com, Yubari King ini merupakan hasil persilangan antara 2 jenis melon dan ditanam di rumah kaca.

Yubari King punya rasa daging buah yang sangat lembut dan juicy. Rasanya begitu lembut di mulut dan terasa sangat segar. Jenis Yubari King ini ditanam dan dipasarkan secara terbatas. Karenanya, harga jualnya jadi tinggi.

Bentuk fisiknya sendiri mirip dengan melon pada umumnya dengan warna kulit hijau muda dan bentuk bulat. Namun garis-garis pada permukaan kulitnya tampak lebih tebal. Yubari King yang sudah masak warnanya orange tua. Umumnya dijual dengan tangkai di atasnya.

Popularitas Yubari King juga membuatnya menjadi trend tersendiri. Buah ini jadi terasa eksklusif dan makin digemari karena rasanya juicy, manis, renyah dan harganya tinggi. Karenanya hanya bisa dikonsumsi kalangan tertentu saja.

Masih menurut kotaku.com, harga Yubari King berubah tiap tahun. Pada tahun 2007, harganya sekitar 2 juta Yen untuk dua buah. Kemudian meningkat lagi menjadi 2,5 juta Yen di tahun 2008. Saat ini, harga tertinggi Yubari King bisa mencapai 1 juta Yen atau sekitar Rp. 116 juta.



(flo/odi)