Dodol Susu, Kenyal Legit dari Pengalengan

- detikFood Selasa, 29 Nov 2011 10:26 WIB
Jakarta -

Tiap daerah punya varian dodol yang berbeda. Dodol garut dan Betawi merupakan dodol ternama. Ada juga dodol aneka buah dari Malang. Yang satu ini dibuat dari susu segar dan murni. Meskipun membuatnya lama, rasanya legit gurih dan enak.



Dodol merupakan penganan manis yang cukup sulit dibuat. Karena proses pembuatannya yang lama dan membutuhkan keahlian. Hampir semua bahan bisa dibuat dodol. Dari yang berbahan tepung ketan, buah segar juga sayuran. Termasuk dodol yang dihasilkan dari daerah Pengalengan, Jawa Barat.



Karena di daerah Pengalengan banyak dihasilkan susu sapi murni maka dodol dibuat dari susu sapi segar. Susu sapi segar diberi tambahan bahan lain seperti gula aren, gula pasir, tepung ketan dan bahan lainnya. Rasanya kenyal-kenyal gurih susu, empuk dan manis.



Membuat dodol memerlukan waktu yang lama sekitar 4 jam dengan menggunakan kuali besi atau tembaga. Susu dan bahan lainnya dipanaskan dipanaskan dengan api sedang dan harus selalu diaduk hingga menjadi berwarna cokelat tua. Proses pemanasan ini membuat terbentuknya rasa karamel yang enak dan tekstur yang lembut mulur.



Setelah kental, dodol dicetak dalam wadah lalu dipotong-potong, dibungkus kertas minyak dan dikemas.Dodol susu warnanya cokelat sama seperti dodol-dodol lainnya, memiliki rasa susu yang khas, dan dibungkus dengan plastik transparan. Dodol susu dijual dalam kemasan dus kotak seberat 250 gram, dan dihargai RP. 10.000,00. Bisa didapat di Bandung, Puncak dan sekitarnya sering dijumpai di tempat pembelian oleh-oleh.

(Odi/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com