Porcini si Jamur Bayi Babi

- detikFood Rabu, 08 Jun 2011 09:13 WIB
Jakarta - Jangan keburu curiga karena sebutan atau namanya. Jamur yang satu ini asli Italia dan halal karena termasuk jenis jamur-jamuran seperti jamur lainnya. Karena payung jamur dan batangnya yang lembut tebal jamur ini mirip tampilan si bayi babi!

Jamur porcini hampir selalu hadir dalam masakan Italia. Bisa dimasak bersama risotto, pasta, saus steak atau jadi tumisan pelengkap salad dan sup. Aromanya yang harum seperi tanah dan teksturnya yang kenyal-kenyal lentur membuat jamur ini disukai banyak orang.

Bentuknya sekitar 10-20 cm dengan batang jamur yang kokoh dan payung jamur yang lebar, 7-30 cm dan lembut. Batangnya putih susu dan payung jamurnya cokelat muda. Jamur ini tumbuh di batang-batang pohon yang ada di daerah yang lembap dan tergolong jamur liar.

Karena teksturnya yang tebal dan enak, jamur porcini dijuluki sebagai raja jamur Italia. Harganya juga relatif mahal. Meskipun di berbagai negara lain juga bisa ditemui jamur yang mencapai musimnya di bulan September ini.

Porcini ada beberapa jenis yang lazim dikonsmsi. Yang pertama, Boletus Edulis atau Porcino D' Autunno (Autumn Porcino). Jenis yang banyak terdapat di Eropa, Asia dan Amerika Utara. Boletus Brisa, jenis porcini Italia yang banyak di pegunungan sekitar Parma. Sedangkan yang hitam disebiat Porcino Nero. Porcino d' estate atau Boletus Reticulates ada di daerah musim panas yang hijau dan Porcino del Freddo ada di kawasan yang lebih dingin.

Agar bisa menikmati jamur ini sepanjang tahun, jamur porcini dijual dalam bentuk irisan yang dikeringkan. Jika akan mengolah, tinggal direbus kembali. Di Jakarta kadang-kadang ada jamur jenis ini di pasar swalayan besar dengan harga relatif mahal.




(Odi/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com