Lengkapi Nutrisi Tubuh Anda dengan Rutin Meminum Teh Setiap Hari

adv - detikFood Rabu, 20 Jul 2016 00:00 WIB
Jakarta -

Saat ini teh hijau sangat populer di seluruh dunia. Mulai dari makanan, minuman, bahkan kosmetik dibuat dari estrak teh hijau. Hasil penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa meminum teh hijau secara teratur dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan kanker. Ditemukan banyak kandungan flavonoid dalam teh hijau. Flavonoid memiliki sifat anti oksidatif dan anti karsinogenik.

Namun, tidak semua produksi teh hijau yang dipasarkan merupakan produk olahan murni. Ada baiknya, cari tahu perbedaan antara teh hijau yang asli dan palsu. Teh hijau memiliki beberapa ciri khas, seperti bentuk olahan daun teh berwarna hijau, rasa teh pahit segar dengan rasa manis di pangkal lidah, aroma daun teh segar dan tajam. Selain itu, air dari seduhan teh berwarna kehijauan dan jernih.

Teh hijau (green tea) tidak mengalami proses fermentasi. Sistem pengolahannya dimulai dari pemetikan pucuk daun yang segar, lalu diuap dengan mesin steam, tahap selanjutnya diolah di mesin cooling, selanjutnya melalui tahap penggulungan, setelah itu dikeringkan, kemudian disortasi, masuk tahap pengaturan kelembaban, dan jadilah produk teh hijau segar.

Teh hijau mengandung katekin yang berkhasiat mencegah kanker dan tumor, mengurangi mutasi gen, mengurangi oksidasi, mengontrol gula darah, serta mencegah bau mulut. Kandungan lain yang ditemukan dalam teh hijau di antaranya: kafein, vitamin C, vitamin B kompleks, mineral fluor, dan vitamin E.

Membuat teh hijau celup ternyata ada tekniknya. Ratna Somantri, ahli teh Indonesia, menyebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan teh hijau celup. Berikut langkah pembuatan teh hijau celup:

1. Siapkan air dan teh celup

Untuk menyeduh teh hijau, gunakan air dengan suhu 70-80 derajat Celcius. Siapkan juga satu kantung teh celup untuk satu gelas. Untuk teh celup, sebaiknya kita hanya menggunakannya untuk satu kali.

2. Seduh teh

Dalam gelas, masukkan dulu teh hijau 2Tang baru kemudian air panas. Jangan terbalik, air dulu baru teh celup.

3. Waktu seduh

Diamkan teh dalam air selama 2-3 menit. Menurut Ratna, teh hijau tidak perlu waktu seduh yang lama. Suhu air untuk menyeduhnya pun tidak boleh lebih dari 80 derajat Celcius.

4. Angkat kantung teh

Setelah 2-3 menit, putar dulu teh celup supaya tercampur dengan rata. Kemudian angkat kantung teh. Ratna menyampaikan bahwa kantung teh harus diangkat dari air panas setelah 2-3 menit. Jangan membiarkan teh terus terseduh oleh air karena membuatnya terlalu pekat sehingga rasanya jadi pahit.

5. Nikmati

Setelah diseduh, hasil Teh Hijau Alami 2Tang berwarna jernih yang menandakan kualitas baik. Nah, selagi hangat nikmati aroma dan rasa teh hijau yang menenangkan pikiran.

Pilih teh hijau klasik (classic green tea) 2 Tang sebagai produk teh hijau terbaik. Produk teh hijau klasik 2 Tang sudah terbukti berkualitas tinggi. Teh hijau 2 klasik Tang diproduksi menggunakan bahan baku dari pucuk daun teh pilihan (peko), tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna, serta diolah dengan cara yang higienis karena diproduksi di lingkungan yang bersih.

2 Tang juga menyediakan Teh Melati Premium untuk Anda yang kurang menyukai rasa pahit dari teh hijau. Tersedia Teh Melati Premiun kemasan amplop dari 2 Tang. Kemasan Teh 2 Tang diproduksi menggunakan alumunium foil yang terjamin kualitasnya. Selain itu, kemasannya didesain lebih cerah dan ceria.

Meminum teh secara rutin terbukti mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan kanker. Saat merasa lelah di kantor, minumlah secangkir teh hijau. Kafein yang terkandung dalam teh hijau berkhasiat hilangkan lelah dan kantuk. Ayo mulai hidup sehat dengan rutin minum teh setiap hari.

(adv/adv)