detikfood
Senin, 14/01/2013 09:48 WIB

Berkat Liputan Media, Profesi Chef Makin Banyak Diminati

Flora Febrianindya - detikFood
Restoran
  • Bananamia Pisang
  • Bananafries Pisang
  • D' Bananoz Pisang
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
Lain-lain
thumbnail Foto: Thinkstock
Publikasi akan dunia masak-memasak di media makin marak. Terbukti dengan banyaknya program masak di televisi yang menayangkan serba serbi dunia kuliner. Rupanya, hal ini juga mempengaruhi minat masyarakat untuk menggeluti profesi sebagai juru masak.

Hal tersebut diakui Nur Komariah, S.Sos., MM., selaku dosen Food Production di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung. Menurutnya, media menjadi salah satu yang mempengaruhi tingginya pendaftar di perguruan tinggi tersebut. “Media punya pengaruh besar,” katanya.

Seperti dituturkan Nur, tiap tahunnya, jumlah pendaftar STP Bandung, yang juga populer dengan sebutan ENHAII ini selalu meningkat. “Tiap tahunnya, jumlah pendaftar STP yang memilih bidang kuliner bisa mencapai 50% dari total pendaftar. Namun yang diterima hanya sekitar 10%. Ini menjadi kelebihan sekaligus masalah, karena yang diterima tidak banyak dan peminatnya tinggi,” kata Nur saat ditemui di kawasan Dago, Bandung.

Diakui wanita berjilbab ini, makin banyak orang yang mengetahui jika kuliner bukan hanya hobi atau gaya hidup semata. Lebih dari itu, memasak juga bisa menjadi profesi yang sangat menjanjikan.

Untuk peminat di bagian kitchen dan produksi makanan STP Bandung, menurut Nur masih didominasi oleh kaum pria. Sebagai wanita yang sudah puluhan tahun mengabdikan diri dalam bidang memasak, Nur juga selalu dituntut untuk bekerja seperti laki-laki. “Bekerja di bidang ini sangat mengandalkan tenaga dan emosi. Para wanita juga harus pandai mengatur mood, karena suasana hati sangat mempengaruhi hasil masakan,” tutupnya.

(odi/flo)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).