detikfood
Rabu, 12/09/2012 13:39 WIB

Menu Eksklusif McDonald's China: Black and White Burger

Flora Febrianindya - detikFood
Obat-obatan
  • Vaksin; MEVAC ACYW 135
  • Vaksin; MENVEO MENINGOCOCCAL Group A, C, W135
  • Lumbricum
Coklat dan Permen
Lain-lain
thumbnail Foto: aht.seriouseats.com
Kondisi politik China rupanya menginspirasi McDonald's setempat untuk membuat menu baru yang istimewa. McDonald's China baru saja meluncurkan burger hitam dan burger putih. Disebut-sebut, burger ini merepresentasikan banyaknya aksi korupsi di China.

Seperti dikutip dari Huffingtonpost, dalam beberapa tahun belakangan, angka korupsi di China meningkat. Kondisi perpolitikan yang hitam putih ini akhirnya menginspirasi McDonald's untuk membuat produk terbarunya untuk menyindir para koruptor.

Situs TheBeijinger memuat penjelasan menarik. Dalam frase China, ada istilah yang cocok dikaitkan dengan burger hitam dan putih ini, yaitu heibai liangdao tongchi. Frase ini bisa diartikan sebagai orang yang memiliki hubungan baik dengan pemerintah atau sisi yang bersih, namun juga dekat dengan organisasi kejahatan atau black society di China. Artinya, mereka memiliki hubungan dengan kedua sisi tersebut.

Black and white burger ini sendiri hanya dibedakan dari warna roti atau bun nya. Roti yang hitam diberi taburan wijen putih dan sebaliknya, roti putih ditaburi wijen hitam. Untuk isian, tak berbeda dengan burger biasanya yang menggunakan daging lezat dengan saus nikmat dan sayuran segar di tengahnya.

Untuk mencobanya, McDonald's China hanya menyediakannya dalam jumlah terbatas. Harganya sekitar Rp. 25.000, atau Rp. 41.000 untuk menu paket.

(odi/flo)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).