detikfood
Kamis, 16/08/2012 10:10 WIB

Ingin Membuat Bawang Goreng yang Garing Renyah? Ikuti Tips Ini!

Flora Febrianindya - detikFood
Ingin Membuat Bawang Goreng yang Garing Renyah? Ikuti Tips Ini! Foto: en.wikipedia.org
Bawang merah goreng selalu jadi topping sajian ketupat komplet. Aromanya wangi dan rasanya yang renyah gurih cocok dipadu dengan lauk berkuah. Rasanya tak komplet sajian ketupat tanpa taburan bawang merah goreng. Jadi makin enak, sedap dan nikmat!

Membuat bawang goreng tak segampang mengunyahnya. Meski terlihat mudah nyatanya hasilnya sering mengecewakan. Terlalu berminyak, tidak renyah dan warna kecokelatannya tidak rata. Meski di pasaran banyak dijual bawang goreng kemasan tetapi rasa dan kualitasnya sering kurang memuaskan.

Untuk membuat bawang goreng, biasanya digunakan bawang merah Sumenep yang besar dan agak lonjong, ataupun bawang Brebes yang beraroma. Pilih butiran bawang merah yang besar, utuh dan kering. Jika repot mengirisnya, kini banyak penjual bawang di pasar tradisional yang melengkapi kiosnya dengan alat pengiris bawang. Bisa juga dengan membeli alat yang khusus untuk mengiris bawang.

Berikut ini beberapa langkah membuat bawang goreng yang renyah, enak, dan gurih:

1. Taruh bawang merah goreng yang sudah diiris tipis (usahakan tebal irisan sama) di dalam wadah yang datar, misalnya baki atau tampah.

2. Angin-anginkan bawang di udara terbuka selama 30 menit – 1 jam, jangan lupa aduk sesekali hingga agak kering.

3. Sambil dianginkan, ratakan bawang yang masih menempel menggunakan tangan, sampai tidak lagi bertindihan satu sama lain.

4. Panaskan minyak bersih dalam jumlah banyak di atas api sedang. Goreng bawang bertahap (jika jumlahnya banyak) sambil aduk-aduk agar matangnya merata.

5. Jika saat diaduk sudah mulai terpisah, pertanda mulai kering, taburkan kira-kira 1 sendok makan tepung terigu sambil aduk sesekali. Tepung ini akan membuat bawang jadi garing.

6. Saat warnanya sudah kuning kecoklatan, langsung angkat bawang goreng. Panas minyak akan membuat bawang goreng menjadi cokelat keemasan meskipun sudah diangkat dari minyak.

7. Angkat dan tiriskan di atas tampah/baki yang sudah diberi alas tisu atau kertas agar sisa minyaknya terserap.

8. Setelah agak dingin, taruh dalam wadah bertutup rapat dan kedap udara.

Cara lain yang banyak dilakukan bisa dengan mengaduk bawang iris dengan garam sebelum digoreng, tetapi rasanya akan asin. Bisa juga dengan cara mencuci bawang merah iris lalu menjemur hingga agak kering sebelum digoreng. Cara ini membuat bawang goreng hilang aroma wanginya. Selamat mencoba!

(odi/flo)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan