detikfood
Rabu, 08/12/2010 13:51 WIB

5 Sayuran Pencegah Kanker

Renny Wahyuningsih - detikFood
Restoran
  • Bananamia Pisang
  • Bananafries Pisang
  • D' Bananoz Pisang
Minyak, Emulsi dan Lemak
Obat-obatan
thumbnail foto : http://www.onlyinsanfrancisco.com
Suka tomat, brokoli atau bayam? Kalau ya, berarti Anda sudah mulai menyiapkan tubuh untuk melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Bukan hanya kandungan seratnya saja, vitamin dan mineral dalam berbagai sayuran mampu membuat sel kanker tak berkutik!

Selama ini kanker jadi momok menakutkan bagi masyarakat dan menjadi salah satu penyebab tertinggi kematian di Indonesia.  Tak usah cemas, asal hidup sehat dan makan teratur dijamin tubuhpun akan mampu melawan sel-sel kanker. Karena umumnya kanker dipicu oleh gaya hidup dan pola makan yang kurang seimbang.

Jika suka mengonsumsi sayuran, makan Anda termasuk orang yang beruntung. Selain mendapatkan nutrisi yang lengkap, sayuran juga dapat menekan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah kanker. Ada 5 jenis sayuran yang dapat melawan sel kanker sejak dini, seperti yang dilansir oleh methodofhealing, berikut ini:

Tomat
Tanaman satu ini sering dianggap buah, namun kebanyakan orang menyebutnya sebagai sayur. Karena tomat sering dipergunakan untuk memasak. Tomat memiliki kandungan likopen yang telah dikaitkan dapat mengurangi resiko kanker ovarium, kanker serviks dan kanker porstat.

Brokoli
Sayuran satu ini juga memiliki peran penting yang dapat melawan resiko kanker payudara, kanker perut, dan kanker kulit. Karena brokoli mengandung sulforaphane.

Kembang kol dan Kubis
Sayuran ini juga mengandung sulforaphane, yang berperan melawan kanker, namun kadarnya tidak setinggi pada  brokoli.

Wortel dan Labu
Kedua jenis sayuran ini kaya akan beta karoten yang sangat baik untuk daya tahan tubuh. Pro vitamin  menunjukan sifat antioksidan yang membantu dalam mengurangi resiko tinggi pada kanker.

Bayam
Ingat tokoh kartun Popeye yang suka makan bayam? Kebiasaannya boleh juga ditiru, sebab bayam memiliki kandungan lutein yang tinggi, vitamin E, dan antioksidan yang dapat membantu dalam mengurangi resiko terkenanya kanker usus besar, ovarium, hati dan prostat.

Ternyata mencegah tumbuhnya sel kanker cukup mudah bukan? Makan saja sayuran secara rutin tiap hari, bergantian jenisnya. Pilihlah produk organik yang bebas pestisida, agar manfaat maksimalnya sebagai pencegah kanker bisa langsung dirasakan.
(Odi/eka)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).