Thole Kitchen : Sedap Mantap Nasgor Pelangi Berbumbu Alami

Devi Setya - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 17:00 WIB
nasi goreng thole kitchen Foto: doc. detikfood
Jakarta -

Sebagian besar penjual nasi goreng gerobakan hanya menawarkan nasi goreng biasa. Berbeda dengan Thole Kitchen yang berani menjual nasgor berbumbu alami.

Ada yang menarik dari sajian nasi goreng racikan Pak Thole. Gerobak nasgor yang terparkir setiap malam di kawasan Jalan Panglima Polim V, Jakarta Selatan ini punya menu nasi goreng unik yang warnanya bukan cokelat. Nasgor di sini punya tiga warna berbeda yakni hijau, merah dan hitam.

Diakui Pak Thole, warna yang diberikan pada nasi gorengnya ini berasal dari pewarna alami. Hijau berasal dari sawi, merah dari buah bit dan warna hitam dari campuran tinta cumi serta kluwek.

nasi goreng thole kitchennasi goreng thole kitchen Foto: doc. detikfood

Baca juga : Thole Kitchen Eksis Lewat Nasi Goreng Warna-Warni yang Nyentrik

DetikFood mencicipi nasi goreng anti mainstream ini. Kami memesan nasi goreng merah, hijau, hitam dan nasi goreng tiga warna. Dengan cekatan, Pak Thole meracik nasi goreng pesanan kami.

Untuk memasaknya ternyata ada teknik khusus. Pertama nasi goreng dimasak dengan bumbu dasar. Tambahannya ada irisan sosis dan bakso sapi, nasgor ini terlihat mirip dengan nasi goreng biasa namun tanpa tambahan kecap manis. Eits tapi sabar dulu, nasi goreng belum bisa dihidangkan.

Nasi goreng ini lalu dimasak lagi dengan tambahan warna-warni. Proses masak yang berlangsung sebanyak dua kali membuat nasi goreng ini agak lama disajikan. Tapi uniknya, pembeli banyak yang rela antre dan menunggu.

nasi goreng thole kitchennasi goreng thole kitchen Foto: doc. detikfood

Pertama yang kami coba yakni Nasi Goreng Hijau (Rp 159.000). Warna hijau pada nasi goreng ini berasal dari sawi yang diblender hingga halus. Rasa nasi gorengnya tetap enak, tambahan sawi sama sekali tidak mendominasi rasa. Justru nasi goreng ini jadi lebih sehat. Oya, nasi goreng juga disajikan dengan taburan ikan teri goreng, telur dadar dan kerupuk.

Pak Thole mengatakan sebenarnya resep nasi goreng hijau ini aslinya ditambahkan cabai hijau, namun karena banyak anak kecil yang tak suka pedas akhirnya hanya menggunakan sawi saja. Kalau mau pedas, tinggal pesan saja karena Pak Thole siap meracik nasi goreng sesuai selera pembeli.

nasi goreng thole kitchennasi goreng thole kitchen Foto: doc. detikfood

Selanjutnya ada Nasi Goreng Hitam (Rp 17.000) yang hadir dengan tampilan eksotis. Sekilas melihat nasi goreng ini memang kurang berselera tapi kalau sudah menghirup aromanya serta mencicip rasanya, dijamin ketagihan.

Warna hitam pada nasi goreng ini berasal dari racikan tinta cumi dan kluwak. Paduan dua bahan ini ternyata sukses membuat nasi goreng jadi lebih gurih dan harum. Nasi goreng juga diberi tambahan daging cumi yang membuat rasanya jadi nagih. Tak heran jika nasi goreng hitam ini jadi menu paling laris.

nasi goreng thole kitchennasi goreng thole kitchen Foto: doc. detikfood


Dan terakhir ada Nasi Goreng Merah (Rp 15.000). Awalnya kami sempat meragukan rasa nasi goreng dengan campuran buah bit ini, tapi begitu dicicip ternyata rasanya enak. Aroma langu dari buah bit bahkan sama sekali tak tercium. Rasanya juga gurih lezat dan pastinya lebih kaya manfaat.

Pak Thole bercerita kalau resep nasi goreng merah ini ditemukan setelah sang anak menjalani operasi jantung. Saat itu anaknya diberi nasi goreng merah namun bukan dari beras merah. Setelah ditelusuri ternyata nasi goreng ini dibuat dengan tambahan buah bit. Alhasil menu nasi goreng merah menjadi menu tambahan yang kini juga eksis di Thole Kitchen.

Baca juga : 5 Nasi Goreng Unik Ini Pakai Tambahan Usus Hingga Bistik Ayam

Nah kalau mau mencicip semua rasa nasi goreng sekaligus, kami rekomendasikan untuk memesan nasi goreng tiga warna (Rp 20.000). Satu porsi nasi goreng ini terdiri dari tiga jenis nasgor sekaligus yakni merah, hijau dan hitam. Sekali santap bisa merasakan langsung tiga jenis nasi goreng yang mantul ini.

Pak Thole sudah berjualan sejak 2012 dan kini sudah memiliki banyak pelanggan tetap. Bukan hanya datang dari kawasan Jakarta saja, pembelinya juga berdatangan dari Bekasi hingga Depok demi mencicipi nasi goreng warna-warni buatan Pak Thole.

Ketika akhir pekan, pembelinya akan membludak jadi siap-siap antre. Penasaran dengan rasa nasi goreng pelangi yang nyentrik ini? Kamu bisa datang ke kawasan Panglima Polim V setiap hari mulai pukul 18.00 WIB.

Thole Kitchen
Jl. Panglima Polim V
Jakarta Selatan
Telepon : 0812-8373-9335



Simak Video "Icip-icip Nasi Goreng Warna-warni Khas Kedai 'Thole Kitchen'"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)