Martabak Alam Jaya: Mantul! Martabak Manis dan Telur yang Legendaris

Riska Fitria - detikFood Rabu, 19 Feb 2020 17:20 WIB
martabak legendaris Martabak telur di martabak alam jaya Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
Jakarta -

Tak hanya kafe kekinian saja, di kawasan Tebet juga ada warung martabak kaki lima yang legendaris. Di sana ada martabak manis dengan gaya modern hingga martabak telur klasik.

Pencinta martabak wajib mampir ke tempat yang satu ini. Dikenal dengan nama Martabak Alam Jaya yang hanya berupa gerobak dengan beberapa tempat duduk saja. Meskipun begitu, warung martabak ini sudah terkenal lsejak puluhan tahun lalu.

Martabak Alam Jaya menawarkan martabak manis khas Bangka yang kini dibuat dengan varian rasa yang beragam. Cara penyajiannya pun dibuat lebih kekinian seperti pizza. Selain martabak manis, di sini juga tersedia martabak telur klasik.

Martabak Alam Jaya: Mantul! Martabak Manis Kekinian dan Martabak Telur KlasikGerobak martabak alam jaya Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Edi, pemilik warung Martabak Alam Jaya tersebut menuturkan bahwa warungnya sudah beroperasi sejak tahun 1996. Sebelumnya ia hanya menawarkan martabak telur dan martabak manis dengan gaya klasik. Dengan pilihan rasa cokelat, wijen dan keju saja.

"Dulu cuma martabak biasa kaya cokelat, wijen, keju aja. Tapi sekarang kan banyak yang baru-baru. Jadi, varian rasa martabak manisnya dibuat lebih beragam dan kekinian juga. Martabak manisnya disajikan kaya pizza gitu," ujar Edi kepada detikcom (16/02).

Ada sekitar 30 varian rasa untuk martabak manisnya, mulai dari rasa durian, nutella, keju, pisang, strawberry, kacang dan masih banyak lagi. Sementara untuk martabak telurnya tersedia 5 varian rasa yang dibedakan dengan jumlah telurnya saja.

Martabak Alam Jaya: Mantul! Martabak Manis Kekinian dan Martabak Telur KlasikMartabak manis varian silverqueen dan keju Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Edi menuturkan menu yang belakangan ini banyak dipesan oleh pelanggannya adalah varian Silverqueen dan keju (Rp. 80.000). Itu karena dalam rangka hari valentine. Kami pun ikut tertarik memesan varian menu tersebut.

Martabaknya beraroma wangi karena diolesi dengan mentega wjisman. Selain itu, adonannya juga tebal dengan tekstur yang lembut. Satu batang cokelat kemudian diiris tipis-tipis, lalu ditaruh di atas martabak yang masih panas. Sehingga irisan cokelat tersebut meleleh dengan sempurna.

Kemudian ditambah dengan keju parut. Tak tanggung-tanggung keju parut diberikan secara royal hingga menutupi semua lapisan. Menariknya lagi, lapisan martabak di bagian pinggir terasa krenyes renyah.

Martabak Alam Jaya: Mantul! Martabak Manis Kekinian dan Martabak Telur KlasikMartabaknya memiliki tekstur yang tebal Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Sementara itu, kami tidak bisa melewatkan martabak telur klasik yang ada di sini. Kami memesan varian menu Martabak Telur Istimewa (Rp. 50.000). Varian martabak telur dibedakan dengan jumlah telurnya yang digunakan. Telur yang digunakan adalah telur bebek.

Untuk varian Martabak Telur Istimewa ini menggunakan telur bebek sebanyak empat butir. Kemudian adonannya ditambah dengan daun bawang dan daging ayam cincang, lalu dikocok.

Sementara kulit martabak telur disiapkan di atas wajan panas, dan adonan pun ditaruh di atas lapisan kulit tersebut. Edi dengan menyirami minyak panas ke adonan martabak telur hingga kulitnya berubah warna menjadi kecokelatan. Setelah itu martabak dipotong menjadi beberapa bagian

Martabak Alam Jaya: Mantul! Martabak Manis Kekinian dan Martabak Telur KlasikMartabak telur Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Renyah krenyes martabak telur ini enak disantap selagi hangat. Rasanya gurih dengan cocolan kuah cuka dan acar menambah semburat rasa asam, gurih dan pedas. Martabaknya juga tebal dan terasa lembut ketika dimakan. Potonganya juga banyak, bisa dimakan bersama-sama.

Selain varian rasa Silverqueen dan keju, martabak manis di sana juga memiliki rasa unik, yaitu rasa durian dan rasa jagung. Namun, sayangnya ketika kami mampir varian tersedia sudah lebih dulu habis. Karenanya sebaiknya kamu datang lebih awal ketika berniat mencicipi martabaknya.

Martabak Alam Jaya
Jl. Tebet Barat 9 No. 15
Tebet, Jakarta Selatan
Telepon : 082240720022
Jam Buka : 17.00 - 23.00



Simak Video "Nyam! Nikmatnya Martabak Udang Buat Hati Girang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)