Sate Taichan Kuy : Sedap! Sate Taichan Kaki Lima Berbumbu Barbeque

Riska Fitria - detikFood Selasa, 11 Feb 2020 17:00 WIB
sate taichan kuy Sate taichan daging original di warung Sate Taichan Kuy Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
Jakarta -

Nongkrong saat malam hari enaknya sambil ngunyah sate taichan. Di kawasan Bendungan Hilir ada warung kaki lima sate taichan yang jadi favorit anak millennial.

Sejak pertama kali muncul pada 2016 lalu, sate taichan langsung populer dan menjadi favorit banyak orang. Sate taichan berbeda dengan sate ayam pada umumnya yang biasa dibakar dengan bumbu kecap.

Sate taichan hanya berupa potongan fillet ayam yang dibakar polos. Kemudian disajikan dengan sambal rawit yang dikucuri air jeruk limau sebagai cocolan. Gurih pedas rasanya!

Sate Taichan Kuy : Sedap! Sate Taichan Kaki Lima Berbumbu BarbequeWarung Sate Taichan Kuy Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Semenjak saat itu banyak bermunculan tempat makan sate taichan mulai dari warung kaki lima hingga kedai yang sering jadi tempat nongkrong anak-anak millennial. Salah satunya warung Sate Taichan Kuy yang berada di bilangan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Seperti namanya, kata 'Kuy' pada nama warung sate taichan ini diambil dari ajakan bahasan anak millennial dari kata 'Yuk' yang dibalik. Warung sate taichan ini selalu dipadati penggemarnya. Adit salah satu pelayan di warung sate taichan tersebut menyebutkan bahwa warung tersebut buka pertama kali pada tahun 2017.

"Udah dari 2017 di sini, jadi ya udah 3 tahun lah. Tempatnya selalu di sini. Karena di sini kan sering dilewati banyak orang, dan banyak juga tempat-tempat makan lainnya jadi ya selalu ramai," ujar Adit.

Sate Taichan Kuy : Sedap! Sate Taichan Kaki Lima Berbumbu BarbequeSate taichan daging ayam bumbu original Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Ada tiga varian sate taichan yang ditawarkan di warung ini, yaitu sate daging ayam, kulit ayam dan juga campuran antara daging dan kulit. Sate taichan tersebut kemudian dibakar hingga matang dan diberi bumbu setelahnya.

Kami memesan menu sate taichan daging original (Rp. 22.000). Satu porsi sate taichan berisi 10 tusuk. Untuk varian original, sate taichan tersebut hanya diberi bumbu berupa minyak ayam, garam penyedap dan juga sambal dengan irisan jeruk limau.

Dengan baluran bumbu tersebut membuat sate taichan terasa sangat gurih dan bikin nagih. Apalagi daging ayamnya juga empuk juicy dan tidak amis. Garam penyedap yang digunakan sebagai bumbu tersebut berbeda dengan garam yang biasa ada di dapur.

Sate Taichan Kuy : Sedap! Sate Taichan Kaki Lima Berbumbu BarbequeSate taichan campur daging dan kulit berbumbu barbeque Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Butir-butir garam tersebut lebih besar dibandingkan dengan garam dapur. Warnanya juga cenderung lebih kekuning-kuningan. Tambahan sambal rawit yang bertekstur encer membuat komplet enaknya.

Kami juga penasaran dengan sate kulitnya. Akhirnya kami memesan sate taichan campur daging dan kulit dengan saus barbeque (Rp. 20.000). Satu porsi berisi 10 tusuk, selain diberi bumbu berupa minyak, garam dan sambal, sate ini juga dibaluri dengan saus barbeque. Disajikan dengan saus BBQ merah kecokelatan dan saus cabai rawit encer plus garam.

Kulit ayamnya terasa kenyal dengan tambahan bumbu penyedap yang meresap hingga ke bagian dalam. Selain itu juga memberikan sensasi kriuk dari bagian kulit ayam yang terbakar kering. Rasanya semakin mantap dengan bumbu berbeque bertekstur kental. Saus BBQnya versi yang ringan dan encer. Ada rasa gurih, pedas, manis yang enak.

Sate Taichan Kuy : Sedap! Sate Taichan Kaki Lima Berbumbu BarbequeSate taichan campur daging kulit original dengan potongan lontong Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Kalau mau lebih kenyang, kamu bisa pesan dengan tambahan berupa potongan lontong. Tambahan tersebut akan dikenai biaya sekitar Rp. 3.000 saja. Lontongnya sangat padat dengan tekstur yang lembut, sukses mengenyangkan perut. Atau bisa pilih tambahan nasi putih hangat.

Dari varian sate taichan tersebut, Adit mengatakan bahwa varian campuran daging dan kulit dengan bumbu original yang paling disukai pengunjung.

"Di sini 80% rata-rata itu pengunjung lebih sering pesan yang original. Sebelumnya juga ada varian mozarella, tetapi menu tersebut sedang ditiadakan," ungkap Adit.

Sate Taichan Kuy : Sedap! Sate Taichan Kaki Lima Berbumbu BarbequeSuasana di warung Sate Taichan Kuy Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Lebih lanjut, Adit juga mengaku bahwa setiap hari warung Sate Taichan Kuy bisa menghabiskan hingga 100 porsi bahkan lebih. Warungnya yang berada di pinggir jalan itu biasanya sering dipenuhi oleh anak-anak SMA hingga mahasiswa sambil kumpul bersama teman-temannya

Kalau tertarik untuk mencicipi sate taichan di sini, sebaiknya datang lebih awal. Karena varian sate kulit lebih cepat habis, itu karena sate kulit juga paling disukai pelanggan.

Sate Taichan Kuy
Jl. Penjernihan II No.4
Bendungan Hilir, Jakarta Pusat
Telepon : 0857-1474-7538
Jam Buka : 17.00 - 01.00



Simak Video "Variasi Menu Sate Taichan Goreng Punya Suami Rachel Vennya"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)