Kebab Istanbul: Rela Pre-Order H-1 Demi Cicipi Kebab Autentik Khas Turki

Riska Fitria - detikFood Kamis, 19 Des 2019 17:00 WIB
Foto: Dok. detikFood/Riska Fitria
Jakarta - Banyak warung kebab kaki lima, tetapi hanya satu yang memiliki rasa autentik khas Turki. Kebab Istanbul yang berada di kawasan Sawah Besar.

Belakangan ini warung kebab bernama Kebab Istanbul tengah viral di media sosial. Banyak netizen yang mengatakan bahwa kebab yang ditawarkan di warung tersebut memiliki citarasa yang berbeda dengan kebab ala Turki lainnya yang ada di Jakarta.

Kebab Istanbul dibuat oleh penjual yang orang asli Turki bernama Muhammad Mustafa. Setiap hari, warung Kebab Istanbul selalu dipadati pengunjung. Mereka rela datang jauh-jauh dan menunggu selama berjam-jam demi bisa mencicip kebab dengan rasa autentik khas Turki.
Kebab Istanbul: Rela Pre-Order H-1 Demi Cicipi Kebab Autentik Khas TurkiFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Kami ikut dibuat penasaran dengan rasa kebabnya. Akhirnya kami menyambangi warung Kebab Istanbul yang berada di Kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Warungnya sederhana, hanya berupa gerobak yang mangkal di pinggir jalan.

Sejak pukul 2 siang, Mustafa dengan dibantu oleh 5 karyawannya sudah mulai bersiap untuk menyiapkan dagangannya. Semua bahan-bahan yang digunakan untuk kebab, dibuat secara homemade. Mulai dari kulitnya, bumbu, saus hingga dagingnya.

Ternyata yang membuat rasa kebab di sini lebih enak dibandingkan kebab lainnya adalah pada penggunaan bumbu dan rempah-rempah. Mustafa mengatakan bahwa ia menggunakan bumbu dan rempah tradisional khas Turki.
Kebab Istanbul: Rela Pre-Order H-1 Demi Cicipi Kebab Autentik Khas TurkiFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

"Jadi saya buat kebab di sini yang benar-benar tradisional Turki. Rempah-rempah dari Turki untuk bumbu daging panggangnya, dan juga sausnya. Saya ingin memperkenalkan ke lidah orang Indonesia, bahwa ini lah rasa asli kebab sesungguhnya," ujar Mustafa kepada detikcom (14/12).

Sayangnya Mustafa tidak membocorkan rempah apa saja yang digunakan. Itu karena telah menjadi resep rahasia untuk Kebab Istanbul yang sedang ia jalankan. Selain itu yang membedakan dengan kebab lainnya ada pada penggunaan daging. Mustafa tidak memakai daging sapi atau kambing. Ia menggunakan daging ayam bagian dada. Daging ayam tersebut dibumbui baru kemudian dipanggang dengan alat panggang kebab.

Meski warungnya belum siap betul, tetapi sudah banyak pengunjung yang berdatangan untuk mengambil nomor antrean. Ya, karena saking membludaknya pengunjung yang ingin mencicipi Kebab Istanbul, maka Mustafa harus menerapkan sistem nomor antrean untuk pre-order.
Kebab Istanbul: Rela Pre-Order H-1 Demi Cicipi Kebab Autentik Khas TurkiFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Jadi, pengunjung harus memesan terlebih dahulu, baru kemudian pesanan tersebut dapat diambil di keesokan harinya. Namun, kamu bisa mendapatkan kebab di hari itu juga, jika kamu bersedia antre sampai pukul 10 - 11 malam.

Pukul 5 sore adalah waktu di mana warung Kebab Istanbul mulai siap untuk melayani pesanan. Di saat itu pengunjung yang sudah pesan di hari sebelumnya mulai mengerumuni gerobak Kebab Istanbul untuk mendapatkan pesanannya.

Sebenarnya Kebab Istanbul ada dalam dua varian, yaitu menggunakan daging ayam dan daging sapi. Namun, kebanyakan pengunjung lebih menyukai daging ayam, oleh karena itu daging sapi untuk sementara ditiadakan.
Kebab Istanbul: Rela Pre-Order H-1 Demi Cicipi Kebab Autentik Khas TurkiFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Kebab Istanbul juga dibedakan dalam 3 ukuran. Ukuran kecil (Rp. 9.000), ukuran sedang (Rp. 13.000) dan ukuran besar (Rp. 18.000). Kamu juga bisa menambahkan dengan tambahan lainnya seperti keju slice, keju melted atau kentang goreng. Jika tertarik kamu bisa menambah biaya sebesar Rp. 2.000.

Kami tertarik memesan kebab berukuran besar dengan tambahan keju slice (Rp. 20.000). Ukurannya memang sangat besar dan padat. Kami sangat menyukai kulitnya yang empuk dan terasa gurih. Untuk isiannya, kebab diisi dengan selada, tomat, irisan bawang bombay, daging ayam panggang, saus dan mayonnaise.

Kemudian isian tersebut digulung dengan kulitnya. Selain kulitnya yang gurih, daging ayamnya juga demikian. Apalagi aroma rempah yang begitu kuat. Saat dicicip, rasa rempah tersebut juga sangat terasa.
Kebab Istanbul: Rela Pre-Order H-1 Demi Cicipi Kebab Autentik Khas TurkiFoto: Dok. detikFood/Riska Fitria

Ditambah dengan saus yang juga beraroma rempah. Sausnya terasa perpaduan antara manis dan gurih. Pada aftertastenya meninggalkan rasa pedas di lidah. Tambahan keju slice membuat kejunya terasa begitu sempurna. Untuk sayurnya terasa segar.

Dengan harga yang ditawarkan dan lama waktu pemesanan sangat tepat untuk kebab autentik khas Turki ini. Lama waktu tersebut akan terbayarkan dengan lezatnya kebab yang dijamin bikin ketagihan.

Untuk memesan kebab di sini, disarankan untuk memastikan melalui nomor whatsapp yang tertera. Pasalnya dalam sehari warung Kebab Istanbul hanya melayani sebanyak 80 pesanan untuk dibuatkan esok harinya.

Kebab Istanbul
Jalan Karang Anyar A, Pasar Baru
Sawah Besar, Jakarta Pusat
Telepon : 089505707295
Jam Buka : 17.00 - 00.00

Simak Video "Kebab Turki Ini Laris Banget, Waiting List Sampai 3 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)