Soto Soleh Al Barokah: Slruup! Soto Daging yang Lezatnya Teruji 60 Tahun

Vattaya Zahra - detikFood Senin, 02 Des 2019 11:30 WIB
Foto: Vattaya Zahra/ dok. detikFood Foto: Vattaya Zahra/ dok. detikFood
FOKUS BERITA Soto Jawa Lezat
Jakarta - Soto daging sapi ini sudah melegenda. Jadi favorit politisi hingga musisi. Ini karena rasa gurih alami kaldu dagingnya yang terawat enaknya sejak 60 tahun silam.

Soto Soleh Al Barokah telah menjual soto daging selama lebih dari 60 tahun di Yogyakarta. Tak hanya warga Yogyakarta saja yang selalu ketagihan soto ini tetapi banyak warga luar Yogyakarta yang kepincut dengan soto daging sedap ini. Selalu datang lagi jika berkunjung ke kota pelajar ini.

Didirikan oleh almarhum Muhammad Sholeh (1928-2004), pada tahun 1959, soto dijajakan dengan dipikul keliling di sekitar Jalan Ahmad Dahlan dan belakang SD Muhammadiyah Purwo Ngampilan. Tahun 1982 barulah warung soto ini memiliki bangunan tetap yang digunakan hingga kini.
Soto Soleh Al Barokah: Slruup! Soto Daging yang Lezatnya Teruji 60 TahunFoto: Vattaya Zahra/ dok. detikFood

Soto daging sapi merupakan menu andalan warung legendaris ini. Tidak sampai lima menit setelah memesan, satu porsi soto yang masih panas langsung disajikan oleh pegawainya. Ada banyak lauk pelengkap, seperti rempela, paru, otak, tahu dan tempe bacem yang disuguhkan di meja. Tinggal ambil sesuai selera.

Satu mangkok soto daging berisi potongan daging sapi, nasi, potongan kubis, tauge dan seledri. Suapan pertama soto ini, kaldu yang bening rasanya gurih alami khas daging sapi. Tanpa ditambah apapun rasa gurih dan empuk dagingnya sudha terasa enak. Apalagi jika disantap dengan lauk pelengkap yang disediakan.

Siti Rofiah, pengelola Soto Soleh Al Barokah, mengatakan daging yang digunakan untuk soto di warungnya selalu daging segar. "Kalau nggak pakai daging segar, kuahnya nanti hambar, Mbak," jelas Rofiah ketika ditemui detikcom, Kamis (28/11/2019) siang di warungnya.
Soto Soleh Al Barokah: Slruup! Soto Daging yang Lezatnya Teruji 60 TahunFoto: Vattaya Zahra/ dok. detikFood

Warung soto yang buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.30 WIB ini. Mereka mulai memasak soto pukul 04.00 WIB dengan menggunakan daging segar yang setiap hari diantar oleh tempat penyembelihan ke warung. Produksi soto dilakukan oleh Rofiah dan karyawannya yang berjumlah 12 orang.

Satu porsi soto daging diberi harga Rp 17.000. Selain soto daging, juga ada sop buntut seharga Rp 40.000, yang merupakan menu paling mahal. Warung ini juga menjual beragam minuman selain teh dan jeruk, yaitu tape dan soda gembira dengan harga mulai Rp 3.000.

Soto Soleh Al Barokah menyediakan sekitar 100 kursi dan meja untuk para pengunjung. Pada jam sarapan dan makan siang, warung ini selalu ramai pengunjung. Rofiah mengaku, sehari ia dapat menjual sekitar 500 porsi soto.
Soto Soleh Al Barokah: Slruup! Soto Daging yang Lezatnya Teruji 60 TahunFoto: Vattaya Zahra/ dok. detikFood

Warung ini menjadi langganan di kalangan musisi, seperti Katon Bagaskara dan Ahmad Dhani. Juga favorit mantan wakil ketua KPK Busyro Muqqodas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menkopolhukam Mahfud MD. "Dari tahun 1990-an jadi langganan, Mbak. Setiap ke Yogya, (mereka) pasti ke sini," ungkap Rofiah sembari tertawa.

Salah satu pengunjung, Ayu Widi (20), datang bersama dua orang temannya. "Udah dua kali ke Soto Soleh. Rasanya enak dan segar, apalagi kalau buat sarapan itu pas banget," ujar Ayu. "Tempatnya luas dan bersih, jadi nyaman kalau ke sini," lanjutnya.

Saat ini, Soto Soleh Al Barokah memiliki enam cabang yang terletak di Jalan Kaliurang km 9, Jalan Yos Sudarso (Kridosono), Jalan Magelang (Denggung), Jalan Solo km 11, Jalan Ringroad Utara (Monjali) dan Jalan Wates. Jadi kalau sedang ada di Yogyakarta jangan lupa singgah mengisi perut di sini. Dijamin puas!

Soto Soleh Al Barokah
Jalan Wiratama No 84, Tegalrejo
Yogyakarta

Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Soto Jawa Lezat