Warung Sate Pak Nur : Nyam! Sedap Mantap Tongseng Kambing Khas Solo

Riska Fitria - detikFood Rabu, 27 Nov 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Seporsi tongseng kambing di tempat ini bisa jadi pilihan buat makan siang. Berempah hangat dengan daging kambing juicy. Mantul!

Setiap kali melewati kawasan Pedurenan, Jakarta Selatan, selalu tercium aroma gurih dari tongseng di warung makan bernama Warung Sate Pak Nur. Sesuai namanya, warung makan ini merupakan usaha milik Pak Nur yang kini telah tiada.

Meskipun begitu, kelezatan tongseng kambing khas Solo ini masih dilanjutkan oleh anaknya yang kini menjadi penerus. Warung Sate Pak Nur terkenal kondang enaknya sejak tahun 2010.
Warung Sate Pak Nur : Nyam! Sedap Mantap Tongseng Kambing Khas SoloFoto: dok. detikFood

Maka tak heran rasanya sudah tidak diragukan lagi. Menurut sang penerus, Hari, warung sate bawaan mendiang Pak Nur ini awalnya berpindah-pindah tempat karena alasan tertentu. Namun, kini sudah menetap di daerah Pedurenan, Jakarta Selatan. Bahkan warung sate tersebut memiliki dua cabang.

"Sekarang udah punya dua cabang, di sini dan satu lagi di dekat Mall Ambassador. Gak jauh sih dari sini," tutur Hari.

Warungnya sangat sederhana, dengan 3 meja dan beberapa bangku. Cukup buat menampung sekitar 12 pengunjung. Area makannya juga berdekatan dengan gerobak khas tongseng kambing tempat untuk meracik tongsengnya.
Warung Sate Pak Nur : Nyam! Sedap Mantap Tongseng Kambing Khas SoloFoto: dok. detikFood

Terdapat beberapa menu olahan daging kambing dan daging ayam yang bisa dipilih. Mulai dari menu sate daging, nasi goreng daging, tongseng daging, gule, hingga sop daging. Hari mengatakan kebanyakan pengunjungnya memesan tongseng kambing dan sate kambingnya.

Tak mau berlama-lama kami akhirnya memesan kedua menu tersebut. Kebetulan di warung tersebut hanya ada Hari saja, karenanya waktu penyajian agak sedikit lama. Meskipun begitu terbayar dengan nikmat gurih tongseng kambingnya yang dibanderol dengan harga Rp. 18.000.

Tongseng kambing di sini dimasak dengan menggunakan tungku tradisional atau anglo dengan api arang. Jadi mirip dengan tongseng di Solo. Semua dimasak dadakan saat dipesan. Tongseng sebenarnya varian dari olahan sate. Karena berupa tumisan bawang merah dan bawang putih serta daging kambing yang biasanya diambil dari sate. Lalu diguyur kuah gule dan ditambahkan irisan kol dan tomat. Setelah semuanya mendidih dan matang baru disajikan panas mengepul bersama nasi putih.
Warung Sate Pak Nur : Nyam! Sedap Mantap Tongseng Kambing Khas SoloFoto: dok. detikFood

Aroma wangi semerbak bumbu gule dan bawang tercium sedap. Berkuah kuning kecokelatan kental dengan isian daging kambing, kol, dan potongan tomat hijau. Kuah gulenya segar dan sedap karena tidak terlalu kental.

Tongseng kambing di sini sangat terasa kuat bumbu gulenya. Medhok Solo. Rasa gurih dari kuah dan manis dari kecap berpadu dengan sempurna. Apalagi daging kambingnya yang sangat empuk ditambah kol dan tomat yang renyah.

Menikmati tongseng kambing belum lengkap jika tidak dibarengi dengan sate kambing berbumbu kecap yang juga khas Solo. Karenanya kami memesan seporsi sate kambing (Rp. 35.000) dengan isian sebanyak 10 tusuk. Seporsi sate kambing disajikan dengan potongan tomat, bawang merah, irisan kol dan sambal.

Untuk potongan dagingnya cukup royal. Bumbu kecapnya hanya diberikan saat proses pembakaran satenya saja. Ketika disajikan dalam piring, bumbu kecapnya hanya diberikan sedikit. Meskipun begitu, rasa bumbunya meresap hingga ke lapisan daging kambingnya.
Warung Sate Pak Nur : Nyam! Sedap Mantap Tongseng Kambing Khas SoloFoto: dok. detikFood

Warung Sate Pak Nur ini selalu ramai kala waktu makan siang. Mayoritas pembelinya adalah orang kantoran karena memang lokasi warung ini berada di sekitar kantor-kantor. Begitupun dengan masyarakat yang bermukim dekat warung makan ini. Namun, mereka selalu memesan menu di sini untuk dibawa pulang.

Semangkuk tongseng kambing dengan porsi terbilang banyak dan potongan daging yang royal pada satenya wajib dicoba. Apalagi harganya yang ditawarkan pun sesuai dengan porsinya.

Jika kamu tertarik mencoba, disarankan untuk memesan satu porsi tongseng dan sate kambing untuk dinikmati berdua. Kecuali kalau lapar berat atau kangen dengan tongseng khas Solo yang mantap rasanya.

Warung Sate Pak Nur
Jl. Karet Pedurenan No. 45A
Kuningan, Jakarta Selatan
No Telepon : 081226295689
Jam Buka : 11.00 - 22.00

Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)