Nasi Bakar Karomah: Pulen Gurih Nasi Bakar Teri Medan yang Sedap

Riska Fitria - detikFood Rabu, 23 Okt 2019 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kalau bosan dengan olahan nasi biasa, kamu bisa cicip nasi bakar di warung makan ini. Aromanya harum dengan rasa gurih renyah dari teri medan.

Di kawasan Pedurenan, Jakarta Selatan terdapat area food disrict yang menyajikan berbagai menu makanan. Mulai dari soto, seblak hingga pecel ayam. Namun ada nasi bakar di salah satu warung makan yang dikenal dengan nama Nasi Bakar Karomah yang menarik.

Warung makan Nasi Bakar Karomah sudah beroperasi selama 4 tahun. Didirikan oleh Rini. Kini warung tersebut sudah memiliki banyak karyawan bahkan berseragam khusus. Warung nasi bakar berada tepat di tengah-tengah deretan warung makan lainnya.
Nasi Bakar Karomah: Pulen Gurih Nasi Bakar Teri Medan yang SedapFoto: dok. detikFood

Tempatnya tak terlalu luas tetapi sangat nyaman dengan dominasi warna biru muda. Selain itu gaya bangku dan mejanya pun dibuat dengan gaya kekinian. Uniknya, setiap meja di sana disediakan bel untuk pembeli sebagai tanda memanggil pelayan.

Kami memesan paket nasi bakar teri dengan lauk ayam bakar (Rp. 32.000). Ternyata tak hanya ayam bakar saja yang disajikan dalam paket tersebut, tetapi juga dilengkapi dengan tahu tempe, sambal dan sayur asem.

Nasi bakarnya berupa nasi uduk atau nasi gurih tetapi dengan bumbu tambahan. Nasi tersebut diisi dengan ikan teri medan berbumbu balado dan daun kemangi. Kemudian nasi tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dibakar sesaat sebelum disajikan kepada pembeli.
Nasi Bakar Karomah: Pulen Gurih Nasi Bakar Teri Medan yang SedapFoto: dok. detikFood

Menurut Rina, pemilik warung makan Nasi Bakar Karomah, nasi yang sudah dibungkus daun pisang kemudian dibakar hingga sekitar 5 menit. Proses membakar tersebut tak perlu waktu lama agar nasi tidak memberikan aroma gosong.

"Jenis nasinya hampir sama kayak nasi uduk biasa dikasih bumbu kaya serai, daun salam dan santan. Tapi ada bumbu racikan tambahan lagi untuk nasi bakar di sini," tutur Rina pemilik warung makan.

Racikan bumbu tambahan tidak dijelaskan secara detail, karena itu masuk ke dalam resep rahasia untuk nasi bakarnya. Di luar paket nasi bakar tersebut, kamu bisa menambah aneka lauknya seperti, ceker ayam, sate usus, ati ampela, jengkol, telur asin dan masih banyak lagi.
Nasi Bakar Karomah: Pulen Gurih Nasi Bakar Teri Medan yang SedapFoto: dok. detikFood

Porsi nasi bakarnya tidak terlalu besar. Begitu bungkus daun pisangnya dibuka, aroma gurih langsung tercium harum dengan selingan wangi daun pisang. Ikan teri medan yang tercampur dalam nasi bakar cukup royal.

Sayangnya remahan daun pisang yang terbakar jadi tercampur ke dalam nasi bakarnya. Tekstur nasinya sangat pas, tidak terlalu lembek meski dimasak dengan beberapa proses.

Ada rasa gurih pulen dari nasi gurihnya, asin pedas dari ikan teri bumbu balado yang renyah. Juga ada rasa segar karena campuran daun kemangi. Semakin sempurna dengan ditambah sayur asem yang segar. Sayur asem berisi nangka muda, kacang panjang, jagung, dan melinjo. Kuahnya berwarna merah kecokelatan.
Nasi Bakar Karomah: Pulen Gurih Nasi Bakar Teri Medan yang SedapFoto: dok. detikFood

Sementara tahu tempe serta ayam bumbu kuning menambah lengkap santapan nasi bakar ini. Kalau suka pedas, sambal dadak bisa bikin mata melek. Sedar menyengat, pas dimakan dengan nasi bakar yang pulen gurih.

Meski warung nasi bakar ini sudah buka sejak pagi, tetapi warung ini selalu ramai kala malam hari. Banyak orang-orang pulang kerja yang memilih mampir ke food district dan memenuhi warung makan Nasi Bakar Karomah ini.

Nasi Bakar Karomah
Jl. Pedurenan Masjid 2 RT.9/4
Kuningan, Jakarta Selatan
Telepon : 081218850567
Jam Buka : 09.00 - 00.00

Simak Video "Sedap Gurih Nasi Bakar Teri Medan yang Pulen"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)