Mie Aceh Jambo Aye: Pedas Gurih Mie Aceh Tumis Daging Telur yang Berempah

Riska Fitria - detikFood Jumat, 18 Okt 2019 12:00 WIB
Foto: Riska Fitria/ dok. detikFood Foto: Riska Fitria/ dok. detikFood
Jakarta - Cari makan siang bisa mampir ke warung Mie Aceh Jambo Aye. Ada menu mie Aceh campur daging dan telur yang diracik dengan 24 jenis rempah.

Meskipun berasal dari Aceh, Mie Aceh jadi makanan yang cukup populer di Jakarta. Umumnya warung mie Aceh berkembang seiring dengan maraknya kedai kopi khas Aceh. Mulai dari kaki lima hingga restoran kelas atas menawarkan mie Aceh dengan beragam isian.

Salah satu warung mie Aceh yang populer adalah Mie Aceh Jambo Aye. Warung kaki lima tersebut berada di bilangan Setiabudi, Jakarta Selatan. Kata 'Jambo Aye' sendiri merupakan nama kecamatan di daerah Aceh, yang merupakan daerah asal pemilik warung. Pemilik warung, Jaiful Asri yang sempat mengalami jatuh bangun saat mendirikan warung mie Aceh.
Mie Aceh Jambo Aye: Pedas Gurih Mie Aceh Tumis Daging Telur yang BerempahFoto: Riska Fitria/ dok. detikFood

Warung Mie Aceh Jambo Aye ini sangat sederhana, tetapi tetap nyaman untuk pengunjung makan di tempat. Warungnya didominasi dengan warna hijau dan oren. Usaha Mie Aceh ini sudah dijalani oleh Jaiful sejak 9 tahun lalu.

"Awalnya saya kerja sama orang lain dari tahun 2000. Terus buka warung sendiri tahun 2010 dan sempat bangkrut. Mulai buka lagi di tahun 2004," tutur Jaiful.

Meski sempat jatuh bangun, tetapi kini ia telah berhasil mendirikan warung Mie Aceh bahkan memiliki 2 cabang lainnya. Di daerah Kota Kasablanka dan di Daerah Dr. Satrio. Tak Tanggung-tanggung, ia juga memiliki beberapa anak buah di setiap cabangnya.
Mie Aceh Jambo Aye: Pedas Gurih Mie Aceh Tumis Daging Telur yang BerempahFoto: Riska Fitria/ dok. detikFood

Untuk menu Mie Acehnya, Jaiful menawarkan belasan menu dengan variasi yang berbeda. Namun, saat kami bertanya kepada pemilik warung, ada satu yang jadi favorit pengunjung ketika datang ke sini. Menu tersebut adalah Mie Aceh Tumis Daging Telur (Rp. 23.000).

Kami pun memesan mie Aceh daging telur. Sebenarnya mie merupakan makanan pengaruh kuliner China yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk di Aceh. Hanya saja disajikan dengan cara memasak dan bumbu atau rempah khas Aceh yang pedas harum dan dikenal dengan sebutan Mie Aceh.

Tampilan mie tumis daging telurnya cukup tergoda. Mie lidi direndam dengan kuah kecokelatan yang kental. Aromanya rempahnya sangat kuat. Ada 24 jenis rempah yang digunakan untuk meracik mie Aceh. Racikan rempah ini jadi rahasia Jaiful. yang ia pelajari dari bosnya saat itu.
Mie Aceh Jambo Aye: Pedas Gurih Mie Aceh Tumis Daging Telur yang BerempahFoto: Riska Fitria/ dok. detikFood

Bumbunya cukup pekat dengan warnanya yang kecokelatan. Mie dilengkapi dengan kol, tauge, potongan daging sapi dan telur. Mie kuningnya kenyal dan mie hokkian segar itu juga dibuat sendiri oleh Jaiful.

"Mie di sini kita buat sendiri adonannya tanpa pengawet, makanya hanya bertahan selama 8 jam aja," ungkap Jaiful.

Makan Mie Aceh belum lengkap kalau belum pesan Roti Cane. Selain Mie Aceh, warung ini juga menawarkan aneka varian Roti Cane. Kami pun tertarik untuk mencicip Roti Cane Susu Keju (Rp. 18.000). Meskipun sederhana, teksturnya renyah hingga di pinggiran roti. Sementara di bagian tengah terasa empuk.
Mie Aceh Jambo Aye: Pedas Gurih Mie Aceh Tumis Daging Telur yang BerempahFoto: Riska Fitria/ dok. detikFood

Rasa gurih Roti Cane makin komplet dengan rasa manis dari susu kental manis. Ditambah lagi dengan keju cheddar parut yang royal. Ada rasa renyah, manis sekaligus gurih dalam sekali gigit.
Mie Aceh Jambo Aye: Pedas Gurih Mie Aceh Tumis Daging Telur yang BerempahFoto: Riska Fitria/ dok. detikFood

Es Timun (Rp. 8.000) kami pilih untuk membilas rasa gurih di mulut. Es Timun terdiri dari serutan halus mentimun ditambah dengan gula dan air jeruk nipis. Rasanya manis segar, cocok diminum setelah menyantap makanan gurih berempah.

Kalau bosan dengan mie ayam, Mie Aceh racikan Mie Aceh Jambo Aye bisa jadi selingan. rasa rempah yang pedas dengan aroma wanginya membuat sensasi makan mie jadi berbeda.

Mie Aceh Jambo Aye
Jl. RS Mata Aini (Samping Gedung Puri Matahari)
Setiabudi, Jakart Selatan
Telepon : 081287214440
Jam Buka : 10.00 - 23.00

Simak Video "Sluurp! Mie Aceh Tumis Daging Telur yang Pedas Gurih"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)