Nasi Bebek Cak Malik : Uenaak Poll! Begor Madura Disiram Bumbu Hitam yang Mantap

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Sep 2019 17:00 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikFood Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta - Ciri khas bebek goreng Madura terletak pada bumbu kental berwarna cokelat. Di kawasan Sarinah, Jakpus ada nasi bebek Madura yang terkenal enak dan murah meriah.

Popularitas warung Nasi Bebek Madura Cak Malik ini kini sedang meroket. Alasan utamanya karena rasa nasi bebek yang pedas mantap. Tak hanya itu, nasi bebek ini semakin diburu lagi setelah muncul sebagai rekomendasi makanan di akun instagram @darihaltekehalte.

Kami pun tak mau hanya membayangkan kelezatan nasi hangat dengan bebek gurih berbumbu pedas ini. Benar saja, kedai sederhana di pinggir jalan Wahid Hasyim ini sudah ramai dikerubungi pembeli, padahal penjualnya masih membereskan lapak.
Nasi Bebek Cak Malik : Uenaak Poll! Begor Madura Disiram Bumbu Hitam yang MantapFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Wanita bernama Ifa menyambut kami saat memesan menu andalan. Tak banyak pilihan menu di sini, hanya ada nasi bebek Madura, nasi ayam bakar dan hati ampela.

Suami Ifa, Cak Mahmud melayani pesanan kami dengan cekatan. Ia menyendokkan nasi, memilihkan potongan bebek atau ayam dan mengguyur bumbu khas Madura beserta sambalnya. Hangat-hangat nasi bebek disajikan tepat di depan kami. Yummy!

Tak sabar, kami langsung saja mencicip menu ini. Bumbu yang diguyur pada bebek ini punya rasa manis gurih, konsistensinya kental dan agak berminyak. Bumbu Madura ini makin mantap setelah ditambah sambal hijau yang rasanya pedas nendang.
Nasi Bebek Cak Malik : Uenaak Poll! Begor Madura Disiram Bumbu Hitam yang MantapFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Bumbu ini membuat bebek goreng makin menggiurkan. Disantap lagi dengan nasi,wah tak mau berhenti rasanya. Oia tekstur bebeknya empuk dengan daging yang tebal dan padat. Bebek gorengnya juga sama sekali tak berbau amis.

Tak hanya bebek, menu ayam bakar pun tak kalah nikmat. Daging ayam yang bertekstur lebih empuk juicy ini juga ternyata cocok disandingkan dengan bumbu khas Madura.

Seporsi nasi bebek komplit dibanderol dengan harga Rp 17.000 sementara nasi dengan ayam bakar harganya Rp 18.000

Setelah puas makan, kami sempat berbincang dengan Ifa. Ternyata nama Cak Malik yang disematkan pada usaha ini merupakan nama adik dari Cak Mahmud.

"Dari awal nasi bebek berjalan, suami saya sendirian tapi kewalahan akhirnya dia ajak adiknya, Cak Malik namanya. Jadi dia pakai nama adiknya itu karena adik kesayangan," jelas Ifa kepada detikFood.
Nasi Bebek Cak Malik : Uenaak Poll! Begor Madura Disiram Bumbu Hitam yang MantapFoto: Devi S. Lestari/detikFood

Cak Mahmud memulai bisnis bebek Madura ini sejak 2016. Mengandalkan resep keluarga, akhirnya banyak orang ketagihan dengan sajian ini.

"Yang terkenal dari Madura itu bukan bebeknya tapi bumbu yang cokelat itu. Dimasaknya lumayan lama sekitar 2-3 jam buat bumbunya saja. Wajar lah kalau enak, sesuai dengan tenaga kita yang dipakai," ujar Ifa.

Warung bebek yang buka mulai pukul 17.30 WIB ini setiap harinya mampu menghabiskan 20 ekor bebek dan 10 ekor ayam. Sebagai saran, kalau mau makan di sini usahakan datang lebih awal karena nasi cepat habis dalam beberapa jam saja.

Nasi Bebek Cak Malik
Jl. Wahid Hasyim No. 117
Kebon Kacang, Jakarta Pusat
Samping Hotel Holiday Inn



Simak Video "Rahasia Nikmatnya Nasi Bebek Cak Malik Jakarta Pusat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)