Ade Fani 67: Puas Makan Kepiting hingga Baronang di Warung Tenda

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 01 Agu 2019 17:01 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Berjualan lebih dari 12 tahun yang lalu, warung seafood tenda Ade Fani 67 terkenal dengan aneka hidangan seafood murah, cepat, dan enak.

Lokasi di depan Bengkel Mobil Sinar Baru yang ada di Jalan Minangkabau Timur, Manggarai. Warung seafood tenda terkenal ini, menyajikan aneka menu hidangan laut segar, sampai nasi uduk hangat.

Baca Juga: Ajak Keluarga Jajan Seafood Enak di 5 Warung Tenda Ini
Ade Fani 67: Puas Makan Kepiting hingga Baronang di Warung TendaFoto: dok. detikFood

"Kalau di sini jualannya sudah lama, lebih dari 12 tahun. Buka dari jam lima sampai jam 2 malam setiap harinya," tutur salah satu pegawai di sana sambil sibuk mencatat pesanan pembeli.

Tempatnya memang sederhana, hanya ada meja dan kursi plastik tapi cukup banyak, sehingga pembeli tak perlu antre untuk mendapatkan tempat duduk. Pilihan seafoodnya ada ikan baronang, bawal, kue, dan gurame. Juga tersedia cumi, udang, kerang, dan kepiting.

Pilihan sausnya tak beda dengan warung seafood umumnya. Ada saus asam manis, mentega, saus Padang, saos tiram, lada hitam, hingga cah tauco. Sebagian besar seafood sudah dimasak sehingga waktu penyajiannya lebih singkat.
Ade Fani 67: Puas Makan Kepiting hingga Baronang di Warung TendaFoto: dok. detikFood

Kami langsung tertarik untuk mencoba beberapa menu yang populer di sini. Pertama kami memesan Kepiting Saos Padang (Rp 115.000), yang disajikan bukan kepiting telur, melainkan kepiting jantan biasa.

"Kalau di sini, ciri khasnya itu makanannya cepat keluar. Karena seafoodnya sudah lebih dulu dimasak, kalau ada yang pesan, tinggal ditumis dan dibumbui. Jadi para pengunjung tak perlu menunggu lama," lanjut salah satu pegawai di sana.
Ade Fani 67: Puas Makan Kepiting hingga Baronang di Warung TendaFoto: dok. detikFood

Sebelum dimasak dengan saus Padang, kepiting ini lebih dulu direbus sehingga bagian dagingnya sudah empuk dan bau amisnya tak tercium. Meski ukuran kepiting jantannya tak terlalu besar, tapi tergantikan dengan rasa enak dari racikan saus Padang.

Saus Padangnya melumuri hingga ke bagian dalam daging, sehingga tak perlu repot untuk membuka cangkang kepitingnya. Dominan rasa pedas, dan sedikit asam dari saus tomat serta manis gurih dari tiram terasa di setiap suapan. Tekstur sausnya cukup kental, dengan tambahan irisan cabe rawit pedas yang semakin menambah selera.
Ade Fani 67: Puas Makan Kepiting hingga Baronang di Warung TendaFoto: dok. detikFood

Kemudian ada Kerang Ijo Saus Tiram (Rp 26.000), yang punya porsi rebih royal. Sama seperti kepiting, kerang ijo ini sudah direbus hingga matang, dan ditumis kembali dengan saus tiram yang pekat. Berbeda dengan kerang dara yang aromanya lebih kuat, kerang ijo ini tak memiliki aroma amis. Tekstur daging kerangnya juga empuk. Cocok dipadukan dengan nasi putih hangat, dan sisa kuah kepiting.

Terakhir ada Ikan Baronang Goreng Asam Manis (Rp 75.000), yang tampil menarik karena aroma hurihnya yang kuat. Sebelum dimasak, ikan baronang lebih dulu diberikan taburan garam, kemudian digoreng hingga garing.

"Kalau ikan baronangnya, digoreng dulu sampai garing, hingga renyah bagian luarnya. Baru kita masak dan bumbui lagi pakai saus, salah satunya pakai saus asam manis ini. Nanti bumbu saus ini meresap hingga ke bagian daging, dari sayatan ikan yang ada," jelas salah satu tukang masak di sana.
Ade Fani 67: Puas Makan Kepiting hingga Baronang di Warung TendaFoto: dok. detikFood

Rasanya benar tak mengecewakan, tekstur ikan baronang goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam jadi nilai tambah. Apalagi saus asam manis yang cukup ringan, membuat kita menyantapnya jadi semakin lahap. Cocok bagi para penggemar ikan goreng.

Kalau masih belum kenyang, Seafood Ade Fani 67 ini juga menyediakan menu lain seperti Cumi Goreng Mentega, Ayam Saos Manis, Kangkung, hingga Pecel Ayam dan Lele. Kisaran harga di sini dimulai dari Rp 15.000 - Rp 130.000 saja.

Baca Juga: Yuk, Jajan Seafood Enak Murah Meriah di 5 Warung Seafood Ini!

Seafood Ade Fani 67
Jl. Minangkabau Timur No.41.
Manggarai, Jakarta Selatan.
Telp: 081563676767
Jam Buka: 15.00 -02.00




Simak Video "Merakyat Nikmat! Angkringan Sampai Risol Pedas di Kawasan Blok M Square"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)