Nasi Begadang: Gurih Pedas Nasi Kuning Ambon dengan Suwiran Ikan Cakalang

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 04 Des 2018 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Nasi kuning begadang tak hanya populer di kota Ambon saja. Di Jakarta ada warung tenda yang menyajikan menu nasi kuning ini dengan berbagai lauk komplet dan murah.

Di Jalan Pal Batu Raya, Tebet, ada warung tenda 'Nasi Kuning Begadang' yang punya nasi kuning mantap. Warung ini buka dari sore hingga tengah malam. Menu yang ditawarkan adalah nasi kuning dengan beragam lauk seperti ikan cakalang hingga ayam kare.

Baca Juga: Racikan Nasi Kuning dari 5 Daerah Ini Unik dan Bikin Nagih

Konsepnya memang lesehan, tapi warung tenda ini selalu dipenuhi oleh driver ojek online yang membeli pesanan. Nah, kami akhirnya memesan tiga paket nasi kuning yang paling laris di sini. Ada Nasi Kuning Ayam Kare (Rp. 30.000,-), Nasi Kuning Ayam Suwir (Rp. 30.000,), dan Nasi Kuning Ikan Cakalang Suwir (Rp. 30.000,-).
Nasi Bedagang: Gurih Pedas Nasi Kuning Ambon dengan Suwiran Ikan CakalangFoto: dok. detikFood
Karena menunya sudah tersaji, jadi kami tak menunggu lama. Nasi kuning begadang ini ternyata hampir sama dengan nasi kuning umumnya. Tapi lauk yang disajikan lebih beragam. Dalam paket nasi kuning ini terdapat pilihan lauk ayam atau ikan, mie goreng, kentang balado, tahu cabe ijo, orek tempe, tumis toge, hingga sambal merah dan ijo.

Kami langsung tertarik mencicipi Nasi Kuning Ikan Cakalang Suwir. Porsi ikan cakalang suwirnya cukup royal, dengan permukaan nasi kuning yang dikelilingi lauk. Ketika dicicip dengan nasi kuning hangat, aroma cakalang dengan paduan tumisan cabe merah dan hijau semakin menggugah selera.
Nasi Bedagang: Gurih Pedas Nasi Kuning Ambon dengan Suwiran Ikan CakalangFoto: dok. detikFood
Cakalang suwirnya terasa pedas, gurih, dan ada jejak serai hingga lengkuas yang terasa di ujung lidah. Tekstur cakalangnya lembut, tidak terlalu hancur, serta tak tercium aroma amis sama sekali. Suapan nasi kuning dan cakalang ini makin enak dengan campuran lauk kentang balado dan tempe orek.
Nasi Bedagang: Gurih Pedas Nasi Kuning Ambon dengan Suwiran Ikan CakalangFoto: dok. detikFood
Lalu kami beralih ke Nasi Kuning Ayam Kare, salah satu menu andalan di sini. Daging ayam dilumuri bumbu kare yang berwarna cokelat pekat dengan tekstur kental. Ketika dipotong, bumbu kare yang kaya rempah meresap sempurna ke bagian dalam daging. Tekstur daging yang empuk dengan aroma harum dari ketumbar dan jintan begitu terasa. Bumbu kare dari ayam membuat rasa nasi kuning semakin gurih.

Terakhir ada Nasi Kuning Ayam Suwir. Isinya sama seperti paket sebelumnya, dilengkapi dengan aneka lauk serta tambahan telor ceplok cabe ijo dan ayam suwir yang gurih pedas. Porsi suwiran ayam yang diberikan juga tidak pelit.
Nasi Bedagang: Gurih Pedas Nasi Kuning Ambon dengan Suwiran Ikan CakalangFoto: dok. detikFood
Di sini ayam suwir ditumis dengan irisan bawang serta cabe merah dan hijau hingga layu, sehingga rasa gurihnya meresap. Rasanya semakin enak ketika disuap dengan nasi kuning hangat.

Selain 3 menu di atas, Nasi Begadang juga punya menu andalan lainnya seperti nasi uduk, ayam rica, hingga telur cabe ijo yang tak kalah enak. Nah, kalau malam ini mau menumpas lapar dengan nasi kuning enak, mampir saja ke Nasi Begadang!

Baca Juga: Nasi Kuning yang Gurih dengan Lauk Lengkap Untuk Makan Siang!

Nasi Begadang
Jl. Pal Batu Raya No.5, Menteng Dalam.
Tebet, Jakarta Selatan.
Telp: 0821-1122-9234

(sob/odi)