Pempek Ibu Sulastri: Kalau ke Pasar Tebet, Jangan Lupa Jajan Pempek di Sini

Sonia Basoni - detikFood Senin, 23 Apr 2018 17:55 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Gurih dan renyahnya pempek khas Palembang memang selalu bikin kangen. Apalagi jika pempek dipadukan dengan irisan mentimun segar dan siraman kuah cuko sedap.

Mau mencicipi pempek enak dengan rasa ikan tenggiri tidak harus mahal. Di gerai Pempek Ibu Sulastri, ada pempek kapal selam dan Lenjer dengan porsi besar yang dijamin bikin kenyang.

Baca Juga:Nyam! Nikmati Pempek yang Gurih Kenyal di 4 Tempat Ini
Pempek Ibu Sulastri: Kalau ke Pasar Tebet, Jangan Lupa Jajan Pempek di SiniFoto: dok. detikFood
Pempek Ibu Sulastri terletak di kawasan Tebet Barat, Jakarta Selatan. Gerai pempek sederhana ini berada di satu wilayah dengan Pasar Tebet Barat yang ramai. Kami pun tertarik mencicipi hidangan pempek di sana, karena tampilan pempeknya berukuran besar.

Dari luar, gerai pempek ini terlihat sederhana dengan lemari kaca berisi pempek yang terletak di depan restoran. Sayangnya, ketika kami datang menu pempek yang tersedia hanya kapal selam dan lenjer, karena menu pempek keriting, kulit, dan adaannya sudah ludes terjual.

Kami pun akhirnya memutuskan untuk memesan dua buah pempek kapal selam (Rp. 18.000), yang satu disajikan dalam bentuk potongan, dan yang satu disajikan secara utuh. Karena menurut pelayannya, rasa telur dalam pempek kapal selam utuh berbeda dengan yang telah dipotong.
Pempek Ibu Sulastri: Kalau ke Pasar Tebet, Jangan Lupa Jajan Pempek di SiniFoto: dok. detikFood
Selain itu kami juga memesan pempek lenjer (Rp.18.000), ukuran kedua pempek ini lumayan besar untuk ukuran pempek lenjer pada umumnya.

Tidak perlu menunggu lama, pesanan pempek kami segera disajikan, lengkap dengan kuah cuko dan irisan mentimun segar yang terpisah.

Di mangkuk pertama, potongan pempek lenjer digabungkan dengan potongan pempek kapal selam. Porsinya sangat banyak, dan potongan pempeknya juga tebal. Sementara pempek kapal selam utuh disajikan dengan siraman kuah cuko, dan irisan mentiumun yang tidak dipisah.

Pempek digoreng dengan garing, sehingga teksturnya renyah dan rasa gurih dari campuran ikan tenggirinya berasa. Untuk tekstur pempek lenjer, permukaannya gurih garing dengan bagian dalam yang kenyal lembut.
Pempek Ibu Sulastri: Kalau ke Pasar Tebet, Jangan Lupa Jajan Pempek di SiniFoto: dok. detikFood
Sementara untuk kapal selam yang dipotong, terlihat warna telur dengan nuansa oranye cerah yang menyala di adonan pempek berwarna putih. Rasa pempek kapal selam potongan ini lebih gurih jika dipadukan dengan kuah cuko, jika suka pedas bisa ditambah sambal rawit yang tersedia.

Kami menemukan perbedaan ketika mencoba pempek kapal selam utuh. Ketika dipotong, tekstur pempek ini lebih kenyal dibandingkan dengan pempek kapal selam yang telah dipotong. Bentuk telur juga padat, dan rasa telur lebih lembut.
Pempek Ibu Sulastri: Kalau ke Pasar Tebet, Jangan Lupa Jajan Pempek di SiniFoto: dok. detikFood
Kuning telur menyatu sempurna dengan adonan tepung yang gurih. Asam dan sedapnya cuko juga menambah cita rasa dari pempek ini. Semua menu di gerai Pempek Ibu Sulastri memang tidak menggunakan mie dan ebi, agar rasa cuko aslinya lebih berasa ketika dicampur ke dalam pempek.

Selain pempek, Pempek Ibu Sulastri juga menyediakan katering pemesanan makanan, hingga orderan pempek khas Palembang untuk berbagai acara.

Dengan harga yang cukup murah, dan porsinya yang besar, pempek ini cukup mengenyangkan dan enak. Kalau ke PAsar Tebet, jangan lupa mampir buat menikmati pempek murah enek ini.


Baca Juga: Pempek Titanic Ini Beratnya 5 Kg Bisa Dimakan 20 Orang!


Pempek Ibu Sulastri
Jl. Tebet Barat Dalam VIII D.
Tebet, Jakarta Selatan.
Telepon: 081380031993 / 081315202371


(sob/odi)