Ayam Tumbuk Sambal Gahar: Huahh! Pedas Gurih Ayam Tumbuk Racikan Annisa Bahar

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 13 Apr 2018 17:15 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di Kalibata ada ayam goreng enak dengan limpahan sambal yang ditumbuk. Dimakan pakai nasi hangat, rasanya nikmat!

Bertempat di kawasan apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, kami menemukan warung makan baru yang mengundang rasa penasaran. Bernama 'Ayam Tumbuk Sambal Gahar', warung makan ini memajang foto pedangdut Annisa Bahar.

Ternyata warung makan ini memang milik pedangdut Annisa Bahar. Meski terbilang baru, warung makan ini banyak diminati pengunjung karena harganya yang terjangkau.
Ayam Tumbuk Sambal Gahar: Huahh! Pedas Gurih Ayam Tumbuk Racikan Annisa BaharFoto: dok. detikFood
Mampir ke sini, kami tak melewatkan menu andalan Ayam Tumbuk Komplit (Rp. 25.000) dan Nasi Goreng Kampung (Rp. 20.000). Sebagai pembilas dahaga, kami memesan jus alpukat (Rp. 20.000).

Sambil menunggu pesanan datang, kami dihibur lantunan lagu-lagu Annisa Bahar. Pesananpun sampai sekitar 15 menit kemudian.

Tampilan Ayam Tumbuk Komplit sekilas tak beda dengan ayam penyet kebanyakan, namun yang membuat berbeda adalah sambalnya. Sambalnya ditumbuk sehingga permukaan bawang dan cabainya masih bisa terlihat, aromanya juga pedas menyengat. Selain itu, tahu dan tempe goreng tidak disajikan dalam bentuk satuan, melainkan ikut ditumbuk di dalam sambal.
Ayam Tumbuk Sambal Gahar: Huahh! Pedas Gurih Ayam Tumbuk Racikan Annisa BaharFoto: dok. detikFood
Paket ayam tumbuk komplit ini disajikan dengan nasi hangat yang ditaburi bawang goreng renyah. Nyamm! Daging ayamnya digoreng garing namun bagian dalamnya tetap empuk. Resapan gurih bumbu kuning terasa hingga ke dalam ayam.
Ayam Tumbuk Sambal Gahar: Huahh! Pedas Gurih Ayam Tumbuk Racikan Annisa BaharFoto: dok. detikFood
Sementara rasa sambalnya dominan ke bawang merah dan rawit merah yang pedas menyengat. Tekstur sambal sedikit kasar dan bercampur dengan tumbukan tahu dan tempe, namun tidak mengurangi cita rasanya. Perpaduan ini menghasilkan rasa yang unik apalagi ketika disantap dengan nasi hangat.

Untuk Nasi Goreng Kampung, nasi goreng dibentuk seperti hati dengan telur mata sapi di atasnya. Nasi goreng kampung tidak menggunakan kecap. Isiannya juga terbilang sederhana, tidak ada suwiran ayam, bakso atau sosis. Hanya ada irisan sawi, kol, dan cabai rawit yang pedas.
Ayam Tumbuk Sambal Gahar: Huahh! Pedas Gurih Ayam Tumbuk Racikan Annisa BaharFoto: dok. detikFood
Rasanya dominan kencur dengan sentuhan gurih dari tumisan bawang. Sayangnya tekstur nasi terlampau pulen sehingga tak seperti nasi goreng kampung yang identik dengan tekstur pera.

Kami pun menutupnya dengan menyesap manisnya jus alpukat segar. Rasanya creamy dengan susu kental manis cokelat yang menambah rasa. Selain jus alpukat, warung makan ini juga menyediakan berbagai jus buah segar, seperti jus buah naga, jeruk, dan mangga.

Selain dua menu di atas, Ayam Tumbuk Sambal Gahar juga menawarkan menu lainnya seperti Nasi Soto Daging, Plecing Kangkung, ada juga kue penutup My Banana Apple yang sayangnya sedang kosong ketika kami berkunjung ke sana.

Ayam Tumbuk Sambal Gahar ini bisa jadi alternatif baru bagi penggemar ayam goreng pedas dengan harga terjangkau. Porsinya juga cukup mengenyangkan. Yuk, Coba!


Ayam Tumbuk Sambal Gahar

Tower Gaharu Blok 1, Kalibata City.
JL. Kalibata Raya, Rawajati,
Jakarta Selatan.
Buka: 07.00 - 23.00

(sob/adr)