Citarasa Eksotik Bali

Warung Berkah: Murah Sedap! Bebek Betutu dan Plecing Segar Khas Bali

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 16 Mar 2018 18:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Citarasa Eksotik Bali
Jakarta - Kalau mau menikmati bebek betutu dan pelecing yang pedas, mampirlah ke warung ini. Selain enak, harganya juga ramah di kantong!

Warung makan bermenu khas Bali ini cukup populer. Namanya Warung Berkah Mudo Ayu. Meski tempatnya kecil tetapi sajiannya sedap dan memuaskan karena tak pelit bumbu.

Nama warung ini diambil dari nama pasangan suami istri pemilik warung. Ibu Ayu dan Pak Muda, dipadu hingga tercipta nama Mudo Ayu. Resepnya dibuat oleh Ibu Ayu yang lahir dan besar di pulau Dewata.

Warung Berkah: Murah Sedap! Bebek Betutu dan Plecing Segar Khas BaliFoto: dok. detikFood
Warung yang berada di Jalan Cipete Raya ini tidak terlalu besar. Hanya ada beberapa meja panjang dengan kursi plastik. Ada beberapa meja untuk bersantap lesehan. Kalau dilihat dari depan, hanya terlihat etalase hitam bertuliskan 'Warung Berkah Mudo Ayu' serta beberapa menu andalan. Suasana Bali terasa dari adanya ornamen payung Bali dan wallpaper gambar sawah.

Rupanya warung makan bergaya Bali ini punya banyak pelanggan. Eksistensinya juga tidak diragukan lagi. Karena sudah ada sejak tahun 2011.

Warung Berkah: Murah Sedap! Bebek Betutu dan Plecing Segar Khas BaliFoto: dok. detikFood
Warung Berkah Mudo Ayu menawarkan nasi campur khas Bali dan hidangan berbahan dasar ayam, bebek, iga, dan ikan. Dari mulai bebek dan ayam betutu hingga iga sapi bakar. Tak ketinggalan pelecing khas Bali.

Sayangnya iga sapi bakarnya sedang habis saat ingin kami pesan. Lalu kami memilih untuk mencicip bebek betutu, pelecing, udang bakar saus BBQ, dan ikan kakap bakar.

Warung Berkah: Murah Sedap! Bebek Betutu dan Plecing Segar Khas BaliFoto: dok. detikFood
Sepuluh menit setelah kami pesan, datang bebek betutu (Rp 28.000) pesanan kami. Bebek betutu milik warung ini dilumuri bumbu kuning yang melimpah. Selain itu, tersaji dengan singkong betutu dan sambal matah. Aroma rempahnya tercium sangat kuat.

Daging bebek betutunya sangat lembut. Saking lembutnya, dagingnya mudah terlepas dari tulangnya. Soal rasa, memang tidak seperti bebek betutu khas Bali pada umumnya. Rasanya lebih gurih dan kompleks, cenderung mirip dengan bumbu gulai yang pekat.

Daun singkongnya dibalut bumbu, empuk dan gurih, Makin enak dicocol sambal matah yang pedas bikin segar lidah. Enak disuap dengan nasi hangat. Paduan gurih berempah dan pedas menyengat.

Saat kami tanya, ternyata hidangan milik warung Ibu Ayu tidak 100% autentik Bali. Walau bumbu yang dipakai memang sama seperti bumbu membuat bebek betutu khas Bali. Tapi ia memodifikasinya agar sesuai dengan selera lidah orang di Jakarta.

"Kita enggak pure Bali 100%. Kalau asli Bali kan rasanya pedas. Memang ini betutu Bali, cuma memang ada beberapa bumbu yang saya kurangi dan ada yang harus saya lebihi supaya bisa masuk di lidah orang banyak," ujar Ibu Ayu.

Warung Berkah: Murah Sedap! Bebek Betutu dan Plecing Segar Khas BaliFoto: dok. detikFood
Pecinta pelecing kangkung wajib coba pelecing Bali (Rp 10.000) buatan Ibu Ayu. Kangkung dan taugenya segar sehingga sangat renyah saat dikunyah. Sangat pas dipadu dengan sambal merah yang sedikit asam dan pedas.

Menu terkahir yang lebih lama tersaji dari yang lainnya ternyata dimask menggunakan arang batok kelapa. Ikan kakap bakar (Rp 65.000) dan udang bakar saus BBQ (Rp 26.000) yang kami pesan datang disajikan hangat. tercium aroma bakaran yang wangi dan bumbu yang sedap.

Warung Berkah: Murah Sedap! Bebek Betutu dan Plecing Segar Khas BaliFoto: dok. detikFood
Karena dibakar secara perlahan, kulit udangnya renyah dan daging udangnya lembut. Makin mantap dicocol sambal kecap yang lumayan pedas. Hanya saja ukuran udangnya tidak terlalu besar.

Ikan bakarnya kemerahan dibalut bumbu cabe. Aroma pedas gurihnya menggiurkan. Gurih pedasnya makin terasa saat dipadu dengan sambal matah. Balutan bumbunya juga royal sehingga rasa gurih pedas bumbu meresap hingga ke daging ikan.

Makin mantap disuap dengan nasi hangat. Jadi kalau ingin cicipi masakan Bali dengan suasana santai warung di ruang terbaka, mampir saja ke sini.

Warung Berkah Mudo Ayu
Jl. Cipete Raya No.74, Jakarta Selatan
Telp: 0877-8494-9414

(dwa/odi)
FOKUS BERITA Citarasa Eksotik Bali