Lesehan Mbanyumili : Bakso Tumpeng dan Bakso Burger yang Mantap Mengenyangkan

Bagus Kurniawan - detikFood Senin, 18 Des 2017 15:00 WIB
Foto: Bagus Kurniawan Foto: Bagus Kurniawan
Jakarta - Bakso belum tentu bulat. Di Bantul ada bakso tumpeng. Bentuknya baksonya mengerucut ke atas persis seperti tumpeng. Mantap!

Sudah lama kami mendengar tentang bakso berbentuk tumpeng. Meskipun sudah bisa ditebak dari namanya, bakso ini berbentuk kerucut persis tumpeng.

Kamipun ingin membuktikan dengan jajan bakso tumpeng di Lesehan Mbanyumili. Lokasinya t di Jalan Imogiri Timur Km 14, Dusun Singosaren RT 01, Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri. Tidak jauh dari Jembatan Karangsemut Imogiri.

Lesehan Mbayumili : Bakso Tumpeng dan Bakso Burger yang Mantap MengenyangkanFoto: Bagus Kurniawan

Di kanan jalan atau seberang jalan ke arah sentra wayang kulit dan batik tulis Desa Wukirsari sudah ada papan penunjuknya. Warung yang berada di dalam dusun itu mulai buka pukul 13.00 WIB. Di depan warung terpampang banner merah menyala jadi mudah dikenali.

Untuk bakso tumpeng tersedia berbagai ukuran. Mulai dari ukuran S (small), M (medium) dan L (large). Ukuran S pada daging bakso berisi satu telur rebus. Untuk medium berisi dua telur. Sedangkan ukuran L dengan bisa dimakan ramai-ramai karena berisi 10 telur.

Bila untuk makan sendiri cukup yang ukuran S. Itu bakal kenyang. Sedangkan ukuran medium bisa dimakan bersama untuk 2 atau 3 orang.

Seperti halnya bakso lainnya, bakso ini juga disajikan dengan kuah gurih, dengan mie kuning, irisan tahu goreng serta taburan daun seledri dan bawang. Bakso tumpeng yang berada di tengah mangkuk menjulang tinggi dengan kuah panas mengepul.

Lesehan Mbayumili : Bakso Tumpeng dan Bakso Burger yang Mantap MengenyangkanFoto: Bagus Kurniawan

Kaldunya gurih dengan aroma daging yang kuat. Tektur baksonya cukup lembut. Karena disajikan panas, paling pas kalo dinikmati perlahan. Diselingi suapan mie kuning dan tahu yang empuk gurih.

Selain bakso tumpeng di tempat ini juga tersedia bakso burger lapis 2, 3 dan empat. Bakso dibuat bulat pipih mirip dengan roti untuk burger.

Bakso burger lapis 2 hanya berisi 2 lapis yang dibagian tengah diisi dengan mi kuning. Demikian pula dengan lapis 3 dan 4 juga sama. Bakso burger lapis 2 cukup untuk satu orang dan cukup mengenyangkan. Sedangkan lapis 3 dan 4 bisa dimakan untuk beramai-ramai.

Lesehan Mbayumili : Bakso Tumpeng dan Bakso Burger yang Mantap MengenyangkanFoto: Bagus Kurniawan

Untuk penyajian bakso burger ini tidak menggunakan mangkuk namun piring yang agak lebar dan agak cekung. Agar lebih mudah menikmatinya.

Harga tiap juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu. Sesuai dengan menu dan ukuran yang diinginkan.

"Ternyata banyak yang senang dengan inovasi warung kami. Setiap hari mulai pukul 1 siang hingga sore selalu ramai pengunjung baik warga sekitar maupun para wisatawan yang sudah tahu lewat medsos," ungkap pemilik Bakso Tumpeng, Eko Supriyanto, warga Wukirsari, Imogiri, Bantul, Minggu (17/12/2017).

Menurutnya banyak pelanggan yang datang dan merasa puas dengan bakso yang disajikannya. Informasi dari mulut ke mulut atau berbagai informasi melalui media sosial cukup banyak membantu sehingga pelanggan. Tak hanya datang sekitar Bantul atau Yogyakarta saja.

"Ada banyak wisatawan yang sengaja mampir ke sini setelah tahu dari media sosial," katanya.

Lesehan Mbayumili : Bakso Tumpeng dan Bakso Burger yang Mantap MengenyangkanFoto: Bagus Kurniawan

Menurut salah satu pengunjung, Indah Wahyuni warga Sleman, dirinya bersama 4 anggota keluarganya sengaja datang untuk menikmati makan siang bakso tumpeng. Mereka akan berwisata ke daerah hutan pinus Mangunan, Dlingo.

"Cukup mengenyangkan dan enak. Semua pada senang," ungkapnya.

Buat penggemar bakso, kalau liburan akhir tahun ada di Yogyakarta, jangan lupa ngebakso di sini. Murah, mantap dan mengenyangkan.

Lesehan Mbanyumili
Jalan Imogiri Timur Km 14
Dusun Singosaren RT 01
Desa Wukirsari
Kecamatan Imogiri, Bantul
Yogyakarta


(lus/odi)