H. Saba: Sate Kambing Juicy dan Gulai Kambing Sedap dari Ciputat

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 11 Agu 2017 11:42 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Sudah 13 tahun warung ini dikenal dengan sate, gulai, sop hingga soto Betawi yang sedap. Pantas saja selalu disesaki oleh pelanggan di jam makan siang. Mau mampir?

Nah, jika sedang ingin menyantap sate kambing ataupun gulai kambing Anda bisa mampir ke sini. Kedai sate milik H. Saba ini sudah ada sejak tahun 2004 lalu atau sekitar 13 tahun lalu. Lokasinya berada di Gintung, Rempoa Ciputat. Ukuran kedainya tak terlalu besar, di dalamnya hanya berisi beberapa meja dengan jajaran kursi kayu yang disusun rapih.

Baca juga: Sate Kambing Ibu Yanti: Sedapnya Sate Kambing Empuk dan Tongseng Racikan Ibu Yanti

Aroma sate yang sedang dibakar tercium sedap. Tempat pembakarannya berada di bagian depan, persis dekat dengan gerobak racik. Tidak hanya menyajikan sate ayam, sop kambing, sop sapi, gulai kambing, soto betawi hingga kambing guling.

H. Saba: Sate Kambing <i>Juicy</i> dan Gulai Kambing Sedap dari CiputatFoto: dok. detikFood

Salah satu yang jadi andalannya adalah sate kambing dan gulai kambing. Meskipun begitu beberapa menu lainnya juga enak dan juga jadi incaran para pelanggan, misalnya saja soto sapi hingga sop kambing.

Kami tak melewatkan untuk mencicip sate kambing (Rp 45.000) racikan resep H. Saba. Selain sate kambing dengan paduan bumbu kacang, ada juga sate yang dipadu dengan saus kecap.

Satu tusuknya terdiri dari 3 potongan daging kambing dan hati. Dalam proses pembuatannya, potongan daging kambing dicelupkan dalam bumbu kacang dan kecap kemudian dibakar.

Setelah itu sate ditambahkan dengan potongan tomat segar, bawang merah dan cabai rawit hijau serta kecap manis. Teksturnya empuk, karena H. Saba menggunakan jenis daging kambing muda yang berumur sekitar 7 bulan.

H. Saba: Sate Kambing <i>Juicy</i> dan Gulai Kambing Sedap dari CiputatFoto: dok. detikFood

"Kalau tidak muda, dagingnya bisa keras," jelas sang penjual.

Memang tekstur dagingnya empuk juicy dan tak beraroma prengus. Apalagi bumbu kecapnya manis, pedas dengan semburat aroma jeruk nipis yang segar. Sayangnya, ada campuran hati kambing yang terselip dalam satenya. Jadi sebaiknya, pesan saja sate tanpa campuran hati kambing.

Nah, masih menu berbahan kambing di kedai ini juga punya gulai kambing (Rp 30.000). Dalam panci ukuran besar kuah gulai berwarna kuning sedikit oranye dipanaskan dengan api kecil. Terlihat sebaran lemak dan juga aroma gurih dari kaldu.

Potongan daging iga yang sudah dipotong dan direbus hingga empuk dimasukkan dalam mangkuk. Ditambah dengan garam, lada, bawang merah goreng dan juga potongan tomat segar.

Disiram dengan kuah gulai panas dan ditambah dengan emping. Hmm, aromanya wangi dan cocok disantap dengan nasi hangat.

H. Saba: Sate Kambing <i>Juicy</i> dan Gulai Kambing Sedap dari CiputatFoto: dok. detikFood

Kuahnya yang berwarna kuning dengan semburat oranye muda memiliki citarasa yang gurih dengan sentuhan bumbu rempah yang ringan. Tidak ada jenis rempah tertentu yang mendominasi, semuanya seimbang.

Tulang iga dan dagingnyapun sangat empuk dan mudah dipisahkan. Ada juga campuran daging serta tulang muda yang empuk renyah ketika dimakan. Agar lebih enak, padukan gulai dengan sambal dan juga acar. Sedap!

Setelah puas menyantap sate kambing dan gulai kambing, kamipun memilih es jeruk asam untuk membantu menetralisir lemak. Segar dan mantap!

Buka sejak pukul 10 pagi hingga 10 malam, kedai ini bisa jadi pilihan Anda untuk menikmati seporsi sate kambing ataupun ragam gulai dan juga sop. Bagaimana? Kalau ingin mencoba langsung saja ke sini.

Sate Kambing H. Saba
Jl. Pahlawan
Pertigaan Gintung, Rempoa - Ciputat
Telp: (021) 7434227

Baca juga: RM H Sadjim: Nyuss Empuknya Sate Kambing Khas Tegal Berbumbu Kecap yang Gurih

(adr/odi)
Load Komentar ...