Warung Be Pasih: Di Sini Ada Ikan Bakar Berbumbu Khas Bali yang Sedap

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 28 Apr 2016 16:36 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Meskipun tak berlokasi di jalan strategis, warung makan khas Bali ini punya sajian rumahan yang sedap. Bersiaplah dimanjakan dengan racikan bumbu lengkap yang sedap.

Kalau mencari warung makan khas Bali dengan suasana asri. Datanglah ke sini. Ruang santapnya terbuka dengan halaman luas diteduhi pohon dan bangku dan meja kayu khas warung memenuhi beberapa bagian warung ini.

Buku menunya berwarna merah dengan gambar ikan dan tulisan 'baik untuk semua'. Sesuai dengan namanya 'be pasih' yang artinya ikan laut maka sajian ikan jadi primadona di sini.

Tak usah bingung memilih menu, karena tersedia beragam paket. Ada paket pesinggahan, paket bebek goreng, paket ikan bakar, udang atau bebek betutu. Juga ada sup ikan yang jadi andalan.

Paket ikan bakar (Rp. 34.000) disajikan lengkap dengan pelecing kangkung,tahu dan tempe goreng serta 2 sate lilit ikan. Pelengkapnya semangkuk sup ikan bening.


Ikan baronang berukuran sedang dengan bintik-bintik kecokelatan hitam. Tanda ikan dibakar di atas bara api arang. Di atasnya disiram sambal kecokelatan dengan aroma cabai yang tajam.

Wah, aroma gurih bumbu genep membuat kami tak sabar mencicipi ikan ikan. Lembut daging ikan diselimuti bumbu yang pedas gurih. Siraman sambal membuat sengatan cabai makin tajam.

Tak salah kalau orang ketagihan sedapnya ikan bakar di sini. Apalagi dimakan dengan tangan dan selingan pelicing kangkung yang renyah, pedas asam. Sate lilitnya pun gurih pedas dan harum.

Sup ikan (Rp.13.000) yang juga jadi favorit di tempat ini tampilan cantik menggoda. Potongan badan ikan kerapu digenangi kuah oranye kecokelatan dengan sedikit bintik-bintik serpihan cabai merah.


Kuahnya asam segar sedikit pedas dengan dominan aroma kunyit. Di dalam ada irisan cabai dan mentimun. Saat dikunyah terasa renyah segar. Sup ikan ini cocok dinikmati saat udara Bali panas menyengat.

O, ya bebek betutu (Rp. 29.000) yang juga dijual dalam menu paket juga tak kalah sedap. Meskipun paha bebek kampungnya mungil tetapi direndam bumbu merah kekuningan yang royal.


Dagingnya empuk dengan paduan bumbu yang pekat melimpah. Kunyit, cabai, bawang dan kencur serta jahenya terasa pekat dan pedas gurih. Cocok untuk membalut daging bebek yang dimasak lama.

Huaah! Rasa pedas gurih santapan ini kami bilas dengan es daluman (Rp. 12.000) atau es cincau hijau. Santan segar yang encer dan sirop merah membuat minuman dingin ini jadi wangi legit!

Nah, siapa bilang di Bali tak ada makanan tradisional yang sedap dan terjangkau? Buktikan saja di tempat makan yang buka dari jam 09.00 - 22.00 dengan suasana teduh asri.

Warung Be Pasih
Jl. Pemuda III No. 24
Renon, Denpasar
Telpon: 0361-237755

(adr/odi)