Nasi Kebuli Ma'Idah: Gurih Semerbak Nasi Kebuli Ayam

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Rabu, 24 Feb 2016 18:09 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Lapar berat? Penyuka nasi pasti puas bersantap di sini. Ada nasi kebuli yang berbumbu rempah. Wangi gurih dan mengenyangkan.

Nasi Bakar Ma'Idah di Coco Kuliner ini menawarkan bermacam makanan dari mulai olahan kambing, ayam, bahkan sushi. Tak heran saban malam dipenuhi pengunjung yang pulang kerja.

Interiornya sederhana, memakai bambu dan bisa memilih area santap dengan meja atau lesehan. Di tengah ruangan juga ada layar besar yang biasa digunakan untuk nonton bola bersama-sama.



Karena menu andalannya nasi kebuli, kami coba memesan Nasi Kebuli Ayam. Sengaja kami tak memesan Nasi Kebuli Kambing (Rp 30.000) karena sudah terlalu biasa. Sebagai pendamping yang serasi, kami pun memilih roti cane keju.

Nasi Kebuli Ayam kami tersaji hangat mengepul lengkap dengan Roti Cane Keju (Rp 12.000) yang berminyak. Hmm, aroma kari tercium semerbak Di atas piring, ada nasi berwarna kecokelatan bertabur kismis, dua tusuk sate, dua potong kecil ayam, dan emping.

Sate ayamnya berwarna cokelat dengan ujung agak hangus, sehingga aromanya gosong. Sedangkan dua potong ayamnya berminyak dibalut bumbu berwarna kecokelatan.

Nasinya agak pera tetapi empuk teksturnya. Bumbu rempah seperti kapulaga dan kayumanisnya tercium tajam. Rasa gurih ini juga diimbangi dengan manisnya kismis. Satenya empuk dengan bumbu meresap.

Setahu kami, nasi kebuli disajikan bersama daging goreng. Namun, dua potong daging ini seperti dimasak dengan bumbu. Dagingnya empuk meskipun terlalu asin dibandingkan satenya. Nasi yang cenderung manis serta daging yang agak asin ini ternyata berpadu lezat di lidah!

Roti cane merupakan jenis flat bread, tidak memakai ragi. Karenanya rasanya renyah gurih. Jika biasanya dicocol dengan kari kambing atau ayam yang satu ini dengan paduan susu kental manis dan keju. Jadi lebih sebagai camilan saja.



Renyah sedikit liat dengan rasa manis yang dominan. Cukup mengenyangkan. Untuk menutup hidangan, kami menenggah segelas teh tawar panas yang semakin menghangatkan.

Untuk menemani acara makan-makan, Nasi Kebuli Ma'idah juga menyediakan berbagai gorengan dan sate di meja terpisah. Restoran ini buka dari pukul 3 sore hingga 11 malam, dan akan tutup lebih lama jika ada pertandingan bola. Wah, sepertinya seru jika lain kali kami bisa datang lagi untuk menonton pertandingan bola!

Nasi Kebuli Ma'Idah
(Coco Kuliner)
Jl. Akses UI No. 102, Kelapa Dua,
Cimanggis, Depok
Telpon: 021-29823943, 021-95272681

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com