Soto Ayam Surabaya Cak No: Ayo, Mampir Nyoto Ayam Kampung Berkuah Kuning a la Surabaya!

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 16 Sep 2014 18:08 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta -

Anda termasuk penggemar soto? Kuah gurih berbumbu kuning yang segar ini dapat menjadi makan malam yang enak. Apalagi dicampur sedikit air jeruk dan sambal rawit plus kerupuk. Santap malam jadi nikmat!

Warung makan soto Surabaya ini buka pada malam hari. Selain menyajikan soto Surabaya, warung ini juga menyajikan aneka sate gurih yang sangat pas dijadikan pelengkap makan soto.

Berada di depan teras rumah, tempat makan soto ayam surabaya ini cukup luas. Ada untuk tempat makan lesehan dan meja panjang dengan jejeran kursi plastik berwarna merah dan biru. Di bagian depan ada gerobak soto sederhana berwarna cokelat. Mungkin karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau, membuat banyak orang makan di warung ini.

Soto ayam Surabaya (Rp 12.000) disajikan panas mengepul dengan kuah berwarna kuning beraroma bawang dengan semburat kunyit yang kuat. Soto kuning ini jadi ciri khas soto gaya Jawa Timur. Suwiran daging ayam kampung yang sudah diungkep dengan bumbu kuning terasa lembut tapi kenyal.

Saat menyesap kuah hangat dari soto, terasa dominan rasa bumbu bawang, kunyit dan juga serai. Selain daging ayam kampung yang kenyal gurih, soto ini juga dicampur dengan irisan kol, tauge, soun yang lembut dan irisan telur rebus lengkap dengan kuningnya.

Agar rasanya semakin segar jangan lupa mengucurkan air perasan jeruk nipis. Kuah kaldu ayam yang gurih sangat pas dicampurkan dengan nasi hangat yang diracik dengan sambal. Taburan bawang goreng dan seledri juga menambah aroma gurih. Huah, sedap!

Di setiap meja, disediakan aneka sate telur puyuh dan sate hati ampela (Rp 2.000) goreng yang gurih dengan semburat aroma bumbu bawang putih. Selain itu, ada juga kerupuk gendar, kerupuk udang dan hati ampela goreng yang dililit dengan usus.

Walaupun menunya tak banyak, tapi soto ayam Surabaya ini enak untuk santap malam. Ternyata asyik juga nyoto di malam hari. Meski kebanyakan orang makan soto di pagi dan siang hari.

Selain soto, Aneka minuman seperti es jeruk, teh manis dan juga aneka minuman manis dingin lainnya dapat Anda pesan untuk menghapus rasa pedas dan dahaga. Yuk, mampir!

 

Soto Ayam Surabaya
Jln. Benda Barat 7 B3 No. 9
Pamulang 2, Tangerang Selatan
Telp: 0852 8411 6465 (Cak No)
Buka: Jam 18.30 - 22.30 WIB

(lus/odi)