Soto Bogor Pasar Manggis: Gurih Wangi Soto Daging Berkuah Gurih

- detikFood Senin, 01 Jul 2013 18:23 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Menu berkuah sedap ini memang selalu jadi incaran untuk hangatkan perut. Irisan daging sapi dengan tempelan lemak yang kenyal disiram dengan kuah kuning panas-panas. Irisan tomat, daun bawang dan kucuran jeruk nipis bikin rasanya tambah mantap. Wah dijamin nambah!

Kepingin makan menu yang hangat berkuah untuk malam ini? Soto Bogor bisa jadi pilihan yang pas. Yang ini mirip-mirip dengan soto khas Betawi, namun ditambah kunyit dan warnanya kuning cerah. Pilihan isiannya juga tak beda, ada daging dan jeroan seperti babat, paru, dan usus.

Kabarnya, ada soto Bogor enak yang terkenal di kawasan Pasar Manggis, Setiabudi, Jakarta. Warungnya sederhana, berupa tenda bertuliskan 'Soto Bogor' dengan meja dan kursi kayu panjang. Lokasinya memang persis di depan Pasar Manggis, dan baru buka mulai petang hingga malam hari. Hmm, asyik juga kalau mampir ke sini!

Seperti terpampang di spanduk bagian depan, yang tersedia adalah soto kaki sapi, daging, paru, juga babat. Kamipun memesan seporsi soto daging dan juga semangkuk soto babat. Dengan sigap, dua pria penjualnya langsung meracik soto Bogor pesanan kami. Daging, jeroan, daun bawang, tomat, kentang juga daging diiris dengan cekatan.

Tak pakai menunggu lama, dua mangkuk soto plus nasipun disajikan di hadapan kami. Kuahnya yang panas mengepul langsung menebar aroma kunyit dan serai yang mengelus hidung. Irisan daun bawang yang royal, tomat merah, juga emping jadi taburannya. Saatnya makan!

Soto daging (Rp 13.000) berisi irisan daging sapi yang empuk dan diiris kecil. Yang digunakan adalah daging bagian lemusir yang berselingan daging dan lemaknya. Teksturnya lembut kinyil-kinyil. Kuahnya dibuat dari santan encer, berwarna kuning cerah dengan rasa gurih khas bumbu bawang merah, bawang putih, juga kunyit. Agaknya langsung diberi perasan jeruk nipis hingga terjejak rasa asam-asam segar.

Selain daging, isian dalam soto Bogor ini juga bikin ketagihan. Rajangan daun bawang berukuran besar yang segar memberi tekstur renyah-renyah segar. Ada jejak rasa manis alami dari daun bawang nya. Kuahnya juga sedap disuap bareng irisan tomat merahnya. Terasa asam segar sekaligus manis khas tomat segar.

Meski isiannya tak begitu royal, namun daging yang empuk, penambahan daun bawang dan tomatnya jadi paduan yang pas. Apalagi dinikmati bareng kentang rebusnya yang lembut di lidah, serta taburan emping yang renyah. Puas dan mantap!

Soto babat (Rp 13.000) juga bisa jadi pilihan lain. Komposisi sajiannya tak berbeda dengan soto daging, namun yang ini diisi dengan babat yang sudah direbus hingga lunak. Soto babat sendiri jadi yang banyak dicari, karena babat tak mudah untuk diolah sendiri di rumah. Jadilah soto babat sering jadi incaran!

Soto babatnya berisi babat yang sudah diolah hingga empuk dan mudah digigit. Rasanya lembut dan enak, dengan tekstur bergerigi yang khas. Hmm, begitu berjodoh dengan kuah kuning sedap dan aneka isian di semangkuk sotonya. Jangan lupa campurkan sambal hijaunya agar tambah segar dan pedas.

Wah, dengan uang Rp 30.000 saja, kami sudah bisa menikmati dua mangkuk soto Bogor sedap plus dua piring nasi. Harganya yang hemat dan rasanya yang enak bikin soto Bogor ini jadi destinasi yang pas kalau ingin makan soto bersantan sedap di malam hari. Ataun keluar sejenak dari kepungan macetnya kawasan Pasar Rumput, Menteng ataupun Kuningan. Jajan yuk!


Soto Bogor Pasar Manggis
Jalan Guntur, Pasar Manggis, Jakarta Selatan
Jam buka: Mulai jam 18.00



(fit/odi)