Slurppp... Anget Sedep Soto Kudus Spesial Ayam Kampung!

- detikFood Senin, 13 Mei 2013 11:39 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Meski porsinya mini, soto ini bikin ketagihan. Kuahnya kuning bening disajikan panas mengepul. Suwiran ayamnya yang empuk gurih jadi makin enak disuap dengan bawang putih goreng yang krenyes wangi. Wah, semangkuk dijamin kurang!

Soto asal Kudus memang biasanya disajikan dengan daging ayam. Daging sapi tak lazim dipakai, karena secara historis hewan ini sangat dihormati masyarakat setempat. Sebagai alternatif, digunakan juga daging kerbau yang teksturnya tak jauh berbeda dengan daging sapi.

Soto ini selalu disajikan dalam mangkuk keramik China yang mungil plus sendok bebek. Hal ini merupakan adaptasi dari budaya China yang dulu dibawa oleh kaum pedagang China.

Kedai soto Kudus Galaxy Group di kawasan jalan Kartini, Bekasi, menggunakan daging ayam negeri dan juga ayam kampung untuk bahan utama sotonya. Tak heran jika untuk ukuran kedai sederhana, seporsi soto Kudus campur di mangkuk mungilnya dihargai Rp. 9.000, sedikit lebih mahal dibanding soto Kudus dengan isian ayam negeri.

Pesanan diracik di gerobak khas soto Kudus dengan pikulan di atasnya. Di sisi kanan, terdapat kuali alumunium besar berisi kuah yang panas bergolak. Di sisi lainnya diletakkan baskom besar berisi nasi hangat. Rupanya, mangkuk dan isian soto Kudus sudah disiapkan, dan tinggal disiram kuah panas jika ada pesanan. Pesananpun diantar secepat kilat!

Semangkuk soto Kudus berisi suwiran ayam, tauge, juga bawang putih goreng dan daun bawang. Ayamnya disuwir halus, daging ayam negeri suwirannya memanjang dan daging ayam kampung yang warnanya kecoklatan diiris mungil. Teksturnyapun memberi sensasi berbeda, ayam kampungnya lembut gurih dan ayam negeri yang sedikit lebih berserat.

Rasa gurih khas bumbu kunyit, serai dan bawang putih langsung menjejak di lidah saat kuah diseruput. Sayapun langsung menyuap soto dengan porsi mungil ini bersama aneka topping. Tauge rebus di dalamnya agaknya hanya diseduh sebentar dalam air panas. Teksturnya segart dan renyah enak. Apalagi saat disuap bersama daging ayam yang gurih lembut.

Selain racikan soto dicampur nasi langsung juga bisa pesan soto pisah (Rp. 12.500). Nasinya lebih banyak dibanding yang campur dan disajikan dengan pirim cekung. Nasinya agak kering, cocok untuk dinikmati bareng soto berkuah yang panas mengepul. Jangan lupa tambahkan sambal rawit hijau dan jeruk nipis, dijamin makin segar dan enak!

Beragam pelengkap juga bisa langsung disantap. Ada sate kerang (Rp. 4.000) dan sate telor puyuh bumbu kecap, serta tempe dan tahu bacem (Rp. 1.000) yang tersedia di atas meja. Beragam kerupuk juga bisa langsung diambil untuk memeriahkan santapan soto ini.

Wah, rupanya tak cuma saya yang kepincut soto Kudus yang hangat sedap ini. Terlihat dari deretan meja dan kursi yang tampak penuh. Ternyata kedai ini buka mulai jam 7 pagi hingga jam 11 malam. Karenannya, cocok disinggahi untuk sarapan sebelum ke kantor, ataupun buat yang mau menghangatkan perut di siang hari!


Soto Kudus Galaxy Group
Spesial Ayam Kampung
Jl. RA Kartini No. 11A
(seberang Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk)
Kota Bekasi




(flo/odi)