ADVERTISEMENT

Legit Sedap Ketan Bakar Plus Sambal Tauco

- detikFood
Kamis, 15 Nov 2012 13:54 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Bandung memiliki sederetan kuliner khas yang selalu bikin ketagihan. Sebut saja siomay, batagor, juga serabi yang populer. Di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, ada juga ketan bakar sebagai jajanan khas para wisatawan. Rasanya legit enak dan disajikan dengan 3 jenis cocolan. Nyam!

Di salah satu sudut kota Lembang, tepatnya dekat Pasar Buah Lembang, di sisi kanan dan kiri tampak banyak pedagang sedang mengipas-ngipas ketan di atas bakaran. Ketannya tampak besar dan tebal, dua kali ukuran ketan bakar yang sering dijajakan.

Seporsi ketan bakar (Rp. 5.000) disajikan dengan tiga jenis cocolan, yaitu sambal kacang, sambal tauco, dan juga serundeng. Tak perlu bingung pilih yang mana, karena pedagang biasanya menyuguhkan ketan bakar pesanan Anda dengan tiga jenis cocolan tersebut di atas piring.

Ketan bakar biasanya disajikan hangat-hangat. Teksturnya agak keras di luar karena sudah dibakar terlebih dulu, namun sangat lembut dan agak lengket di bagian dalamnya. Terasa legit dan lumayan mengenyangkan.

Saus kacangnya punya rasa yang mirip-mirip bumbu siomay, namun lebih kental dan gurih. Sambal tauconya juga istimewa, gurih manis khas tauco dengan rasa sedikit pedas. Serundengnya terasa gurih manis dan enak dipadankan dengan ketannya.

Biasanya, pedagang ketan bakar juga menjual hidangan khas Bandung lainnya, yaitu colenak. Colenak (Rp. 5.000) adalah tape singkong yang disajikan dengan saus kinca yang terbuat dari gula merah dan kelapa. Jika melewati daerah Lembang, jangan lupa cicipi keduanya!

(fit/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT