Restoran Ramah Anak

Bolehkah Anak Bermain Sambil Makan? Ini Kata Psikolog

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 19 Sep 2017 16:58 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Restoran Ramah Anak
Jakarta - Adanya ruang bermain di restoran membuat si kecil asyik bermain tanpa mau makan. Orang tua akhirnya menyuapi anak sambil bermain. Bolehkah hal ini dilakukan?

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi menjelaskan tak ada salahnya mengajak anak ke restoran dengan fasilitas playroom atau ruang bermain. Namun yang kerap jadi masalah adalah anak jadi lebih asyik bermain ketimbang makan. Para orang tua pun mencari jalan pintas dengan menyuapi anak sambil bermain.

"Kalau secara psikologis sebenarnya tidak disarankan anak bermain sambil makan. Jadi kalau orang tua membawa anak ke tempat makan yang ada tempat bermainnya, maka tidak boleh melakukan keduanya sekaligus. Tidak boleh makan sambil main. Cukup banyak nih kayak di restoran fast food, orang tua kan ngasih anaknya makan sambil main. Itu yang nggak benar," ucap psikolog dengan sapaan akrab Nina ini.

Bolehkah Anak Bermain Sambil Makan? Ini Kata PsikologFoto: iStock

Baca Juga:
Agar Anak Tak Rewel Saat Makan di Restoran, Perhatikan 5 Hal Ini!

Nina melanjutkan, ada banyak kerugian psikologis ketika membiarkan anak main sambil makan atau sebaliknya. "Sebetulnya anak jadi tidak fokus pada makanan karena fokusnya terbagi dua antara proses makan dan main. Pembelajaran konsentrasi dan ketekunan tidak berjalan jadinya," jelasnya. Ia menambahkan, "Padahal sebetulnya anak butuh belajar tekun, belajar menghargai makanan. Itu tidak bisa dilakukan ketika dia makan sambil main."

Nina menekankan meski orang tua mengajak anak ke restoran yang punya tempat bermain, hindari memberi makan anak sambil bermain. "Anak-anak memang senang bermain, jadi aku menyarankan orang tua untuk bilang ke anak, 'Boleh kamu bermain, tapi kalau makan kamu sudah selesai,'" tutur Nina. Menurutnya kalimat ini menjadikan proses bermain seperti hadiah buat anak.

Baca Juga: 8 Menu Ini Paling Sering Disajikan di Restoran Ramah Anak

Bolehkah Anak Bermain Sambil Makan? Ini Kata PsikologFoto: iStock

"Nah anak kalau dibilang seperti itu kan biasanya anak makan lebih cepat karena mau bermain. Itu nggak apa-apa, namanya juga anak-anak kan. Tapi cuma ditegaskan bahwa tidak makan sambil bermain. Jadi kalau mau makan ya makan, makan tidak sambil main."

Mengenai usia mengajak anak ke restoran, Nina memberikan pendapatnya. "Pada dasarnya anak memang belum mengerti, tapi harus kita biasakan. Bukan nunggu anak ngerti, tapi memang ketika dia makan kita biasakan tidak sambil bermain. Sejak kasih makan anak, umur 1 tahun misalnya, sudah dibiasakan makan tidak sambil bermain. Termasuk nonton TV atau main gadget. Pokoknya nggak disambi-sambi, proses makan ya makan," pungkas Nina kepada detikFood (19/9).

(adr/odi)
FOKUS BERITA Restoran Ramah Anak