Si Kecil Ikut Mudik, Ini 6 Bekal yang Wajib Dibawa!

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 20 Jun 2017 14:24 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Selain pakaian khusus untuk si kecil juga penting disiapkan saat mudik. Agar tak rewel selama di perjalanan, siapkan bekal yang cukup.

Perjalanan yang memakan waktu lebih dari 10 jam, tentu akan membuat si kecil kurang nyaman. Agar anak-anak tetap senang, Anda bisa membekali si kecil dengan makanan dan minuman enak.

Pastikan, pilih makanan yang sehat dan bisa disimpan dalam waktu lama. Selain itu, air putih, air panas dalam termos hingga susu tak boleh terlewatkan agar asupan makanannya cukup dan cegah dehidrasi selama mudik.

Baca juga: 5 Olahan Beras yang Enak Mengenyangkan untuk Bekal Mudik.

1. Ayam goreng

Ayam goreng tepung untuk bekal mudikAyam goreng tepung untuk bekal mudik. (Foto: iStock)
Daging ayam yang gurih bisa jadi bekal makanan yang bisa dibawa selama mudik. Sebaiknya, olah makanan dengan cara digoreng agar lebih tahan lama. Potongan daging ayam bisa diungkep dengan menggunakan bumbu hingga matang. Setelah itu, goreng hingga kecokelatan dan ditiriskan setelah itu simpan dalam wadah plastik.

Ayam goreng bisa dimakan bersama dengan nasi hangat. Selain itu, kalau bosan dengan ayam goreng biasa, Anda juga bisa mengolahnya dengan balutan tepung roti. Teksturnya yang renyah dan gurih sangat pas disantap dengan cocolan saus mayonnaise dan tomat.

Untuk membuat ayam goreng, Anda bisa lihat resepnya di sini. Dan jika si kecil lebih suka dengan ayam berbalut tepung renyah, Anda bisa lihat resep chicken popcorn di sini.

Baca juga: Perjalanan Mudik Lebih dari 8 Jam, Siapkan Bekal Makanan Kering Ini.

2. Roti

Roti dengan olesan selai hazelnutRoti dengan olesan selai hazelnut untuk mudik. (Foto: Getty Images)
Roti bisa bertahan sekitar 2-3 hari. Makanan yang bisa jadi pengganti nasi ini, Anda bisa memilih roti gandum ataupun roti tawar putih biasa. Selain bisa diisi dengan margarin dan meisjes, Anda juga bisa membawa olesan lain kesukaan si kecil seperti selai buah-buahan, cheese spread, selai cokelat hingga dipadu dengan potongan daging ayam dan juga saus.

Kalau ingin mencoba racikan sandwich yang berbeda, Anda bisa membuat sandwich panggang keju dengan tambahan smoked beef. Resep ini bisa dibuat sebelum berangkat mudik. Untuk membuatnya, Anda bisa lihat resepnya di sini.

3. Susu

Susu untuk menambah energi saat mudikSusu untuk menambah energi saat mudik. (Foto: iStock)
Saat mengajak si kecil mudik, pastikan staminanya dalam keadaan baik. Agar lebih berenergi, Anda perlu menyediakan stok susu selama perjalanan. Untuk si kecil yang usia di bawah lima tahun tentu perlu membawa susu dan termos berisi air panas serta botol susu. Akan tetapi, jika usia si kecil sudah masuk di atas 6 tahun, sebaiknya bekali dengan susu kotak saja agar lebih praktis.

Akan tetapi dalam pemilihan susu tersebut, Anda perlu lebih jeli memperhatikan kandungan gula pada kemasannya. Agar aman, pilihlah susu putih tanpa rasa agar kandungan gulanya lebih rendah.

4. Biskuit

Biskuit manis untuk camilan anak saat mudikBiskuit manis untuk camilan anak saat mudik. (Foto: iStock)
Daripada membekali si kecil dengan makanan asin seperti keripik atau chips, sebaiknya pilih biskuit saja. Biskuit mengandung susu dan juga beberapa ada yang dilengkapi dengan gandum. Biskuit juga memiliki tekstur renyah tapi lembut ketika masuk ke mulut. Biskuit bisa jadi camilan enak selama perjalanan sambil menikmati susu.

Baca juga: Buat 6 Menu Praktis dan Komplet Ini untuk Bekal Sekolah.

5. Buah segar

Buah pisang cocok jadi bekal mudikBuah pisang cocok jadi bekal mudik. (Foto: iStock)
Kalau sudah membawa roti dan minuman, Anda bisa menyempirnakan nutrisi si kecil dengan buah-buahan segar. Kalau tak sempat membuat olahan sayur, sebaiknya pilih saja buah yang tahan lama dan bisa dibawa selama perjalanan mudik.

Untuk si kecil, buah pisang, jeruk dan apel bisa diberikan. Pastikan dalam sehari, ia mengonsumsinya minimal sekitar 2-3 porsi.

6. Air putih
Air putih untuk cegah dehidrasi saat mudik.Air putih untuk cegah dehidrasi saat mudik. (Foto: iStock)
Ini jadi hal yang paling penting dan tak boleh ketinggalan. Air putih atau air mineral bisa disimpan dalam botol. Air putih wajib diberikan untuk si kecil untuk menghindari dehidrasi karena cuaca panas di luar. (lus/odi)