Berat Badan si Kecil Tak Kunjung Naik? Seringlah Beri Susu dan Alpukat

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 04 Apr 2016 14:07 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tak hanya obesitas, beberapa anak juga alami kurang gizi. Jika tubuh anak tampak kurus dan memiliki berat badan di bawah standar, Berikan beragam makanan yang tinggi protein dan lemak.

Tubuh anak yang kurus bisa sebabkan ia mudah terserang penyakit. Makanan yang mengandung protein bisa membantu pembangunan masa otot anak dan bantu tingkatkan berat badan. Sertakan banyak produk susu dan makanan kaya protein dalam menu makannya. Tapi jangan lupa juga tambahkan serat dari buah-buahan agar sistem pencernaannya tetap lancar.

Berikut ini beberapa bahan makanan sehat yang dapat Anda berikan pada anak untuk tingkatkan berat badannya yang dilansir dalam Boldsky (29/03).

1. Mentega
Mentega mengandung lemak dan dapat diberikan pada anak-anak yang kurus. Menambahkan mentega dalam diet harian anak bisa bantu tingkatkan berat badan. Dalam 100 gr mentega mengandung energi sebanyak 742 Kkal, 0,5 gr protein, 81,6 gr lemak, 1,4 gr karbohidrat dan 15 mg kalsium.

Akan tetapi pemberian mentega untuk anak biasanya tak terlalu banyak. Karena mentega menjadi salah satu bahan pelengkap untuk roti ataupun untuk pengganti minyak dalam membuat telur goreng. Selain mentega, Anda juga dapat mencampurkan satu sendok makan minyak sayur atau minyak zaitun pada makanan anak.

Foto: iStock

2. Susu
Susu mengandung protein dan lemak yang cukup tinggi. Pastikan anak konsumsi 2 gelas susu setiap hari. Untuk menghindari kebosanan anak, Anda juga dapat menyajikan susu dengan tambahan sereal. Dalam 100 gr susu mengandung kalori sebanyak 61 Kkal, 3,2 gr protein, 3,5 gr lemak, 4,3 gr Karbohidrat dan 143 mg kalsium.

Foto: iStock


3. Telur
Telur merupakan sumber protein yang sangat baik. Memperkenalkan telur untuk makanan sehari-hari dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak tetapi juga memberikan kontribusi kenaikan berat badan. Selain itu telur juga merupakan sumber yang baik dari vitamin A dan vitamin B12.

Dalam 100 gr telur mengandung kalori sebesar 154 Kkal, 12,4 gr protein, 10,8 gr lemak, 0,7 gr karbohidrat dan 86 mg kalsium. Telur menjadi salah satu makanan yang sangat mudah didapatkan dan dimasak. Anda dapat mencampurkan telur dengan beberapa bumbu dan potongan sayuran.

4. Pisang
Buah pisang menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk pencernaan anak. Dalam satu buah pisang mengandung karbohidrat yang penting untuk anak dengan beberapa kandungan kalsium yang cukup tinggi dan efektif untuk tingkatkan berat badan anak.

Dalam 100 gr buah pisang mengandung kalori sebesar 108 Kkal, 1 gr protein, 0,8 gr lemak, 24,3 gr karbohidrat dam 20 mg kalsium. Pisang sangat enak disantap dengan smoothies yang dicampur dengan susu yang tinggi protein.

Foto: iStock

5. Daging ayam
Daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi dan rasa yang disukai anak membuat daging ayam bisa jadi alternatif makanan untuk tingkatkan berat badan. Protein yang terkandung dalam daging ayam dapat membangun otot sehingga menjadi pilihan yang baik untuk anak.

Dalam 100 gr daging ayam mengandung kalori sebesar 298 Kkal, 18,2 gr protein, 25 gr lemak dan 14 mg kalsium.

6. Alpukat
Buah yang lembut dengan warna kuning kehijauan ini baik diberikan ke anak. Dalam 100 gr buah alpukat mengandung 85 Kkal, 0,9 gr protein, 6,5 gr lemak, 7,7 gr karbohidrat dan 10 mg kalsium. Kandungan lemak yang baik sangat dibutuhkan untuk tingkatkan berat badan anak. Selain itu, alpukat juga sangat mudah dicerna oleh anak.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com